Pengoptimalan Cloud Storage –Google Drive sebagai Media Pembelajaran untuk Guru SMP dan SMA.

Fiqih Ismawan(1*), Puput Irfansyah(2), Dwi Dani Apriyani(3)

(1) University of Indraprasta PGRI
(2) Informatika, Fakultas Teknik, dan ilmu komputer
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran seperti penggunaan internet dapat menunjang proses pembelajaran di sekolah. Aktifitas belajar mengajar dengan memanfaatkan TIK mampu menimbulkan minat belajar mandiri yang besar, kemudahan memperoleh informasi, meningkatkan keterampilan dan interaksi serta kualitas pembelajaran sehingga mendukung proses belajar-mengajar di sekolah. Berbagai fitur yang disediakan pada Google Drive memiliki banyak kegunaan, selain sebagai media penyimpanan berbasis awan (cloud), google drive juga mampu memberikan sentuhan interaktif seperti kuis online dan akses secara bersama. Berdasarkan uraian tersebut, dilakukan pengabdian kepada mitra berupa pemanfaatan media Google Drive dalam proses belajar mengajar. Tujuan dan manfaat dari pengabdian ini agar peserta didik melalui guru gurunya dapat terbantu dalam berbagi materi, berdiskusi dan mengerjakan tugas kelompok dengan adanya Google Drive dan bagi guru agar dapat memberikan materi yang dapat diakses oleh peserta didik dengan mudah serta melihat siapa saja yang mengerjakan tugas dan dapat berdiskusi langsung dengan peserta didik apabila peserta didik sulit memahami materi, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran baru nantinya. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah memberikan tambahan wawasan dan bekal tentang pemanfaatan cloud storage-google drive sebagai media pembelajaran yang baik.

Kata kunci: Cloud Storage, Google Drive, Media Pembelajaran


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alqisyan, N, (2013). Layanan Cloud Storage yang gratis, http://www.allpcind.com/layanan-cloud-storage-yang-gratis/. Diakses pada 28 November 2013.

Eko, (2013). Membangun blog bisnis di Internet. Jakarta: Penerbit Elex Media Komputindo

Okezone.com, (2014) Indonesia Peringkat 8 Dunia Pengguna Internet Terbesar. http://techno.okezone.com/read/2014/05/13/55/984151/indonesia-peringkat-8-dunia-pengguna-internet-terbesar. Diakses pada 10 Juli 2014.

Sanjaya, R. (2009). Panduan Cepat Mengusasi Facebook, cetakan kedua Jakarta: Elex Media Komputindo,

Winarno, ST.E, Ali, Z. and SmitDev, C, (2013). Step By Step Aplikasi Google Apps. Semarang: Elex Media Komputindo,.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.