Pelatihan Pembuatan Web Portal Menggunakan CMS pada Pondok Belajar Punan Pesisir

Fitri Fitri(1*), Anang Rivaldy Ari(2), Muhammad Prakarsa Al Qadr Saleh(3), Ardelia Astriany Rizky(4)

(1) Politeknik Piksi Ganesha
(2) Politeknik Piksi Ganesha
(3) Politeknik Piksi Ganesha
(4) Politeknik Piksi Ganesha
(*) Corresponding Author

Abstract


Pondok Belajar Punan Pesisir dikhususkan untuk Masyarakat Punan Pesisir yang ada di Desa Logpon Punan, namun eksistensinya belum berkembang sepenuhnya bahkan di daerah sekitar. Untuk mengatasinya, penggunaan Web Portal menjadi solusi tepat yang menyediakan informasi, layanan dan fitur lainnya sehingga interaksi antara pengunjung dan Pondok Belajar Punan Pesisir dapat terjalin. Dalam hal ini, pelatihan dan pembuatan Web Portal menjadi langkah awal untuk meningkatkan eksistensi dan kredibilitas Pondok Belajar Punan Pesisir serta pemahaman penggunaan teknologi informasi pada pengurus Pondok Belajar Punan Pesisir. Pelatihan ini diadakan dengan tujuan memastikan bahwa setiap Pengurus memiliki pemahaman yang memadai dalam penggunaan Web Portal secara efektif sehingga meningkatkan eksistensi dan kredibilitas Pondok Belajar Punan Pesisir dan memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan Pondok Belajar tersebut. Metode yang digunakan dalam pembuatan Web Portal melibatkan penggunaan Content Management System (CMS) Berupa WordPress didasari kemudahan dalam implementasi, penggunaan, pemliharaan, dan pembuatannya. Melalui pelatihan ini, Pengurus Pondok Belajar dapat mengelola Web Portal mereka sendiri dengan lebih efektif dan mandiri. Kehadiran Web Portal memperkuat eksistensi dan kredibilitas Pondok Belajar Punan Pesisir, dibuktikan dengan meningkatnya jumlah donatur dan relawan setelah peluncurannya.


Keywords


Web Portal, CMS, Pondok Belajar, Punan Pesisir

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdulloh, R. (2016). Trik Mudah Membuat CMS Website Dari Nol. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ardhani, R., Permatahati, I., & Fadhil, F. (2022). Pelatihan Pembuatan Website Dengan CMS(Content Management System) Di Smk Muhammadiyah Karanganyar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi, 27-33.

Farisi, A., Rachmat, N., & Rivan, M. E. (2022). Pelatihan Pembuatan Website Portal Dengan Menggunakan Wordpress Untuk Siswa/Siswi SMA Negeri 6 Palembang. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 25-32.

Subariah, R., Persada, G. N., Maulana, D., Sari, A. J., Fitriani, D., Kemal, M. W., & TTD, S. A. (2021). Pelatihan Pembuatan Website Menggunakan CMS (Content Management System) Joomla Pada SMK Bina Putra Mandiri. Jurnal Abdimas Indonesia, 61-66.

Susanto, A. (2021). Mudah Membangun Website Sekolah Dengan CMS WordPress. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i4.23436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.