Meningkatkan Sikap Ramah Ular Peserta Didik Sekolah Menengah

Ade Suryanda(1*), Eka Putri Azrai(2), Daniar Setyo Rini(3), Dimas Bayu Nur Ramadhan(4), Ami Amaliah(5), Azika Aulia Hanizya Syaikhan(6)

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(4) Universitas Negeri Jakarta
(5) Universitas Negeri Jakarta
(6) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Peserta didik merupakan usia yang rentan jika berhadapan dengan ular. Peserta didik perlu memperoleh pengetahuan dasar tentang ular, sehingga sikap takut dan jijik dapat dikurangi serta mengarah pada sikap ramah terhadap ular. Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh perlunya program penyadartahuan tentang ular kepada para peserta didik. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik tentang ular serta membentuk sikap ramah terhadap ular di kalangan peserta didik. Pelatihan ini menggunakan metode experiential learning dengan pendekatan berpusat pada peserta melalui teknik studi kasus dan simulasi. Kegiatan dilaksanakan di SMAN 103 Jakarta Timur DKI Jakarta. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah terlaksana dengan baik dan lancar, memberikan informasi yang bermanfaat bagi peserta didik. Keterlibatan aktif peserta didik dalam kegiatan menandakan keberhasilan kegiatan ini. Hasil pretest dan posttest memberikan gambaran bahwa kegiatan ini berpotensi meningkatkan sikap ramah peserta didik terhadap ular.

Keywords


penyadartahuan, ramah ular, ular

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asri, A. S. K., & Yanuwiadi, B. (2015). Persepsi Masyarakat Terhadap Ular sebagai Upaya Konservasi Satwa Liar Pada Masyarakat Dusun Kopendukuh, Desa Grogol, Kecamatan Giri, Kabupaten Banyuwangi. Indonesian Journal of Environment and Sustainable Development, 6(1). 42-47

Baharudin, E. (2014). Konstruksi pengetahuan tentang reptil di komunitas deric (depok reptile amphibi community). Jurnal Forum Ilmiah Indonusa. 11(3), 421-432.

Bao, L. (2006) Theoretical comparisons of average normalized gain calculations. American Journal of Physics. 7 (10). 917-922, http://dx.doi.org/10.1119/1.2213632

BAPPENAS. (2016). Indonesian Biodiversity Strategy and Action Plan. Jakarta: BAPPENAS

Das, I. (2016). Field guide to the reptiles of South-East Asia. London: Bloomsbury Publishing.

George, K. A., Slagle, K. M., Wilson, R. S., Moeller, S. J., & Bruskotter, J. T. (2016). Changes in attitudes toward animals in the United States from 1978 to 2014. Biological Conservation, 201, 237-242. https://doi.org/10.1016/j.biocon.2016.07.013

Hake, R.R. (1998) Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics. 66 (1) 64-74. http://dx.doi.org/10.1119/1.18809

Hanafi, M. R., Azlan, A., & Pane, D. H. (2022). Implementasi metode vikor dalam menentukan kelayakan jenis ular sebagai penghasil feses. Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD), 1(4), 350-361. https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsi

Iskandar, D.T. & W.R. Erdelen. (2006). Conservation of Amphibians and Reptils in Indonesia: Issues and Problems. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Johnson, J. D., Wilson, L. D., Mata-Silva, V., García-Padilla, E., & DeSantis, D. L. (2017). The endemic herpetofauna of Mexico: organisms of global significance in severe peril. Mesoamerican Herpetology, 4(3), 544-620. https://mesoamericanherpetology.com/uploads/3/4/7/9/34798824/mh_4-3_johnson_et_al.pdf

Kakunje, A., Ammati, R., Tolar, P., Puthran, S., & Swaroop, M. (2019). Snakes and their relevance to psychiatry. Annals of Indian Psychiatry, 3(1), 63-66. DOI:10.4103/aip.aip_46_8

Kolb, D. A., R.E. Boyatzis, C. Mainemelis. (2001). Experiential Learning Theory: Previous Research and New Directions. dalam Perspectives on Thinking, Learning, and Cognitive Styles. editor: Robert J. Sternberg, Li-fang Zhang. New York: Routledge. H. 227-248.

Kurt, S. (2020). Andragogy Theory – Malcolm Knowles. https://educationaltechnology.net/andragogy-theory-malcolm-knowles/

Octaviani, D., Sudibyo, M., Amrul, H. M. Z., & Nasution, J. (2019). Inventarisasi Jenis Ular di Bukit Lawang Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat. Jurnal Ilmiah Biologi UMA (JIBIOMA), 1(1), 36-43. DOI: https://doi.org/10.31289/jibioma.v1i1.149

PARC. (2013). Snake fact sheet Research. Texas: A&M University

Rusli N, Rini P C. (2020). Ular di Sekitar Kita Pulau Jawa. Bogor: Indonesia Herpetofauna Fondation

Suryanda, A., Komala, R., & Chairunnisa, C. (2020). Pelatihan Manajemen Gigitan Ular Dan Sikap Mahasiswa Terhadap Ular. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 7(2), 43-52. DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v7i2.11537

WHO. (2016) Guidelines for the management of snakebites. 2nd ed. Geneva: World Health Organization.

Yanuarefa MF, Hariyanto G, Utami J. (2012). Buku Panduan lapangan Herpetofauna (Amphibi dan Reptil) Taman Nasional Alas Purwo. Banyuwangi: Taman Nasional Alas Purwo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i5.23296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.