Pelatihan literasi perpustakaan untuk menyiapkan akreditasi perpustakaan SDK Sorowajan Yogyakarta

Gregorius Ari Nugrahanta(1*), Eko Hari Parmadi(2), Hilary Relita Vertikasari Sekarningrum(3)

(1) Universitas Sanata Dharma
(2) Universitas Sanata Dharma
(3) Universitas Sanata Dharma
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan ini dilakukan sebagai respons terhadap minimnya pemahaman tentang perpustakaan para guru serta minimnya persiapan dalam menghadapi proses akreditasi perpustakaan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan literasi perpustakaan bagi para guru di SD Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Literasi perpustakaan merujuk pada kemampuan untuk mengelola informasi yang tersedia di perpustakaan termasuk pencatatan inventaris koleksi, katalogisasi, pengelompokan koleksi, dan pemanfaatan teknologi untuk otomatisasi tugas perpustakaan. Metode penilaian partisipatif diimplementasikan dengan melibatkan enam guru dengan waktu sebanyak 33 jam dalam rentang 11 hari. Data dikumpulkan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui pretest dan posttest dengan 20 soal pilihan ganda dan secara kualitatif. Hasil kegiatan menunjukkan 1) peningkatan skor literasi perpustakaan sebesar 38,89%, 2) pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman literasi perpustakaan para guru (p < 0,05) dengan kategori pengaruh yang besar (r = 0,9915), dan 3) implementasi pelatihan dengan tingkat efektivitas yang tinggi (n-gain score 100%).

Keywords


literasi perpustakaan, akreditasi perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Adeola, B. M. (2014). Accreditation and the Role of the Academic Library in Undergraduate Programs: A Case Study of Fountain University, Osogbo. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 19(10), 45–48. https://doi.org/10.9790/0837-191034548

Burns, E. A., & Dawkins, A. M. (2021). School librarian preparation and practice: an exploration of the aasl national school library standards and ala/aasl/caep school librarian preparation standards. School Library Research, 2(24), 1-23. www.ala.org/aasl/slr

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research methods in education (6th ed.). London: Routledge

Costaner, L., Guntoro, Y. (2020). Penerapan sistem sirkulasi perpustakaan berbasis SLIMS pada SMA IT Al Fityah Pekanbaru. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 268–274.

Dalrymple, P. W. (2001). Understanding accreditation: The librarian’s role in educational evaluation. Portal, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.1353/pla.2001.0004

Fahmi, A. (2020). Manajemen Perpustakaan dan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Paedagogy, 3(1), 22–29.

Fani, Z. A., & Rukmana, E. N. (2022). Penelitian penerapan SLiMS dalam pengolahan perpustakaan pada database Google Scholar: sebuah narrative literature review. Informatio: Journal of Library and Information Science, 2(1), 29. https://doi.org/10.24198/inf.v2i1.37428

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd ed). Los Angeles: Sage.

Ginting, M., Kurniawati, R. D., Rachmawati, T. (2016). Kajian penggunaan daftar tajuk subjek perpustakaan nasional studi kasus di bidang pengolahan bahan pustaka. Media Pustakawan, 23(1), 38–46. https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/840

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain score. California: Indiana University.

Herdiana, D., Heriyana, R., Suhaerawan, R. (2019). Pemberdayaan masyarakat melalui gerakan literasi perdesaan di Desa Cimanggu Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 431–442. https://doi.org/10.30653/002.201944.208

Johan, R. C. (2012). Analisis kebutuhan pelatihan untuk memenuhi kompetensi literasi informasi pengelola perpustakaan sekolah. EduLib, 2(11), 223–248. https://doi.org/10.17509/edulib.v2i2.10048.g6240

Kumala, S. A., & Huda, D. N. (2019). Pengembangan Perpustakaan Anak dan Penyelenggaraan Kegiatan Edukasi untuk Meningkatkan Budaya Literasi Sains. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), 272. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i03.3153

Musa, D., Anthonius M. Golung S., & Posumah-R, S. (2020). Penerapan Aplikasi SLiMS Dalam Pengolahan Bahan Pustaka Di Upt Perpustakaan Universitas Khairun Ternate. Acta Diurna Komunikasi, 2(4), 1–14.

Nadhifah, K. (2021). Menciptakan pustakawan unggul melalui kegiatan menulis karya ilmiah di UPT perpustakaan Universitas Jember. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 12(1), 48–53. https://doi.org/10.20885/unilib.vol12.iss1.art5

Nugrahanta, G. A., Pamardi, E. H., Suparmo, P. M., Sekarningrum, H. R. V., Swandewi, N. K., & Tyas, F. (2022). Pengaruh Program Literasi berbasis Pendekatan Montessori terhadap Karakter Integritas Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 169–180.

Nugrahanta, G. A., Parmadi, E. H., Suparmo, P. M., Sekarningrum, H. R. V., Swandewi, N. K., & Prasanti, F. T. V. (2022). Kegiatan Literasi Berbasis Pendekatan Montessori di SD Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1480–1489. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6.11518

Nurhayati, A. (2018). Perkembangan perpustakaan dalam pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 9(1), 21–32. https://doi.org/10.20885/unilib.vol9.iss1.art3

Pratama, S. A., Toyo, R., Sumarni, S. (2019). Analisis pengelolaan perpustakaan sekolah: Studi kasus pada perpustakaan SMK Negeri 2 Surakarta. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 4(2), 82–92. https://doi.org/10.20961/ijcee.v4i2.27776

Ridwan, P., Sudarsana, U., & Rahmatulloh, T. (2021). Kinerja Pustakawan Layanan Sirkulasi Dalam Memanfaatkan Senayan Library Management System (SLiMS) Circulation Service Librarian Performance in Utilizing Senayan Library Management System (SLiMS) .Nusantara Journal of Information and Library Studies, 4(1), 75–88.

Rodin, R., Khotimah, K., Aprien, L. (2020). Pemberdayaan perpustakaan kelurahan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di PAUD Restu Bunda Kelurahan Dusun Curup. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 11(1), 59–69. https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss1.art7

Rohmah, J. (2020). Optimalisasi koleksi perpustakaan sebagai upaya peningkatan pelayanan di perpustakaan SMA Negeri 4 Kota Magelang. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 11(2), 156–164. https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss2.art9

Rokan, M. R. (2017). Manajemen perpustakaan sekolah. Jurnal Iqra’, 11(1), 1–8.

Santoso, A. (2022). Proses pengembangan koleksi perpustakaan akademik di Universitas Ibrahimy Sukorejo Situbondo. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 13(1), 41–45. https://doi.org/10.20885/unilib.vol13.iss1.art6

Sibromalisi, A., Muna, F. B. A. M. (2020). Evaluasi akreditasi di perpustakaan Candakarana SMA Negeri 2 Kebumen. An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 12–26.

Suryani, I. (2017). Pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 292–309. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6812

Susilorini, E. (2021). Evaluasi kualitas pelayanan perpustakaan di SDN Tegalrejo Magelang Jawa Tengah. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 12(1), 42–47. https://doi.org/10.20885/unilib.vol12.iss1.art4

Suyanik, S., Riyanto, Y., & Soedjarwo, S. (2021). Efektifitas Pengelolaan Perpustakaan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 267–273. https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2225

Yuniar, R. S., Margana, H. H., Hadiapurwa, A. (2021). Pengembangan koleksi perpustakaan di Telkom University open library. Jurnal Pustaka Ilmiah, 7(1), 36. https://doi.org/10.20961/jpi.v7i1.47651




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i3.22513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.