Pelatihan Wordwall untuk Membuat Games Pembelajaran Interaktif bagi Guru SDN Sukaindah 02 Kab. Bekasi

Rifki Ristiawan(1), Nurfidah Dwitiyanti(2*), Noni Selvia(3)

(1) Program Studi Informatika - Unindra PGRI
(2) Program Studi Informatika - Unindra PGRI
(3) Program Studi Informatika - Unindra PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada revolusi industri 4.0, guru diharapkan dapat mengoptimalkan peran mereka untuk menjadi lebih kreatif, inovatif, produktif, dan mandiri. Guru juga harus dapat memanfaatkan inovasi teknologi untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan kreatif, tanpa membuat siswa jenuh. Dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan interaktif, seperti game atau permainan yang dapat dimainkan pada smartphone, PC, atau laptop, adalah salah satu cara untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk belajar. Wordwall adalah salah satu aplikasi yang menarik bagi siswa untuk digunakan sebagai alat penilaian dan media pembelajaran online. Salah satu masalah yang ditemukan di SDN Sukaindah 02 adalah kurangnya kreativitas guru dalam proses evaluasi pembelajaran, terutama dengan teknologi digital. Beberapa kelebihan Wordwall adalah gratis untuk pilihan dasar dan banyak template yang tersedia. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kreativitas guru dalam membuat instrumen evaluasi dengan menggunakan aplikasi Wordwall. Kegiatan ini dilakukan dengan pemaparan materi melalui daring dan sebagai implementasi kegiatan, guru diberikan tugas untuk dipraktekan di rumah. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan, diperoleh guru dapat membuat games pembelajaran yang interaktif sehingga berdampak pada terjadinya peningkatan hasil belajar siswa.


Keywords


Pelatihan; Wordwall; Media Digital; Guru

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdullah, F. S., & Hasti Yuniata, T. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434443. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1586

Eko Saputri, I. R., Putri, S. E. R., Wulandari, R., Fajriani, S. F., & Hajron, K. H. (2023). Implementasi Game Pembelajaran Interaktif Wordall. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(005), 101112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.101-112

Furliana, D., Restian, A., & Supradana, A. (2023). Wordwall Sebagai Media Evaluasi Asesmen Today Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pembelajaran Ipas Kelas 4 SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8645

Marhaeni, N. H., Fitri, I. A., & Fariha, N. F. (2023). A Training of WordWall Educational Game for Teacher s of SMA Dharma Amiluhur Yogyakarta Pelatihan Pembuatan Game Edukasi WordWall Bagi Guru SMA Dharma Amiluhur Yogyakarta. 7(4), 988997.

Nur Aini, A., & Rulvian, V. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPS Siswa Melalui Media Game Interaktif Wordwall. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 10381048.

Parisa, M., Arcana, I. N., Susetyo, A. E., & Kuncoro, K. S. (2023). Pengembangan Kuis dan Game Edukasi Menggunakan Wordwall Pada Pembelajaran Daring Pertidaksamaan. 7(2), 167180.

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452457.

Sahanata, M., Asiani, R. W., Syahputri, E. D., & Pradani, A. P. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Wordwall Sebagai Sarana Menciptakan Media Pembelajaran Interaktif. Lokomotif Abdimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1121.

Siagian, G. I., & Tarigan, D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Matematika Kelas IV SDN 173633 Porsea. Journal on Education, 06(01), 886893. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3007

Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring ( Online ) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1. Elementer (Elementary of Tarbiyah): Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 6883.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i2.22144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.