Pembelajaran Basic Tenses dengan Menggunakan Audio Lingual Method di Yayasan Panti Asuhan Yatim Piatu Al-Muhajirin Ar Rohmaniyah Kota Tangerang Selatan

Tri Angkarini(1*), Arif Triyuono(2), Ulfah R. Dirham(3), Lubban A. Alhamidi(4)

(1) Indraprasta University
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahasa Inggris mempunyai ketentuan yang menjadi tuntutan untuk dipahami, terkait dengan keberadaannya sebagai bahasa yang asing bagi pelajar Indonesia. Oleh karenanya, mata pelajaran Bahasa Inggris pada jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Atas merupakan mata pelajaran yang membutuhkan usaha keras bagi peserta didik untuk mampu menguasainya khususnya untuk materi Basic Tenses. Anak-anak asuh Yayasan Panti Asuhan Al-Muhajirin akan mendapatkan pembelajaran Basic Tenses yang merupakan bagian dari kegiatan pengabdian Masyarakat ini. Penjelasan materi dilakukan dengan menggunakan metode ALM (Audio Lingual Method) dan Teknik drilling (pengulangan). Dari hasil kuesioner peserta diketahui bahwa Sebagian besar peserta memberikan respon positif terhadap pelatihan yang diberikan dengan jumlah rata-rata skor respon Setuju sebesar 76.48% dan 35.53% dari jumlah rata-rata skor Sangat Setuju. Hanya dua peserta yang memberikan respon Tidak Setuju atau sebesar 6.25%. Dari pemberian pre-test dan post-test juga diketahui bahwa nilai Post-Test lebih tinggi dari nilai Pre-test dengan rata-rata peningkatan sebesar 58%.


Keywords


Basic Tenses; Audio Lingual Method; Abdimas.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Departemen Sosial Republik Indonesia. (2004). Acuan umum Pelayanan Sosial. Anak di panti sosial asuhan anak. Jakarta: Departemen Sosial RI

Kress, G., & van Leeuwen, T. (2006). Reading images: The grammar of visual design. Routledge. (OK)

Larsen-Freeman, Diane. (2001). Techniques and Principle in Language Teaching. New York: Oxford. (OK)

Maulinda, Tiara Nurul, Rivaldi, Ari, Safitri, Mellina Dinda, Megawati, Erna. (2021). Penggunaan Metode Bermain Dan Ceramah Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Kepada Anak-Anak Rptra Pintu Air Sawah Besar. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 04 No. 04, hal. 325-335. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i4.5854

Ningsih, T. W. R., Abidin, Z., & Praherdhiono, H. (2021, November 19). Multimedia Tutorial untuk Mempermudah Pronunciation Bahasa Inggris Menggunakan Metode ALM Kelas VIII SMP. https://scite.ai/reports/10.17977/um038v4i42021p339

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2001). Approaches and methods in language teaching. Cambridge University Press. (OK)

Thornbury, S. (2005). How to Teach Speaking. Pearson Education Limited.

Widiati, U.& Cahyono.B.Y. (2006). The Teaching of English Grammar in the Indonesian Context: The State of Art. A Journal of Culture, English Language Teaching & Literature.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i1.21778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.