Sosialisasi Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan bagi Guru BKB PAUD

Asti Ramadhani Endah Lestari(1*), Euis Kurniasih(2), Nurul Akmaliah(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan  ini dilakukan dengan tujuan menjawab permintaan mitra untuk mengadakan sosialisasi yang dapat membantu guru BKB PAUD dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta yang merupakan perwakilan dari BKB dan PAUD di kelurahan Cibubur. PAUD adalah salah satu lembaga yang membantu orang tua dalam mengoptimalisasi periode emas anak. Pada periode ini, sangat penting bagi seorang anak untuk merasakan proses belajar yang menyenangkan. Proses pembelajaran di PAUD harus melibatkan seluruh indera dan sensori anak. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dibagi menjadi 3 tahapan yaitu tahap pra-pelaksanaa, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi dan pelaporan. Pad atahap pra-pelaksanaan dilakukan diskusi antara pihak tim pengabdian masyarakat dan mitra terkait kebutuhan dari mitra.  Terdapat 3 materi inti yang disampaikan yaitu tentang karakteristik anak usia dini, prinsip pembelajaran PAUD, dan strategi pembelajaran yang menyenangkan untuk anak usia dini. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi ini berjalan dengan baik mulai dari kedisiplinan hingga antusiasme peserta dalam mengikuti seluruh rangkaian acara.

 


Keywords


sosialisasi, suasana belajar, Guru BKB PAUD

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, R. T. (2014). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Banten. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 175–184.

Andhika, D. A., Prayoga, A. S., & Darumoyo, K. (2022). Meningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Sederhana. Jurnal Porkes, 5(1), 57–65.

Ashrapovich, N. F. (2021). Determination of physical development of primary school students through national movement games. Middle European Scientific Bulletin, 11.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisional bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Lestari, A. R. E. (2018). Efektifitas Pelatihan Listening for Fun Learning untuk Guru TK. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 87–91.

Tejaningrum, D. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METAKOGNITIF PADA ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 37–45.

Wahyuni, I. W., & Muazimah, A. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Tradisional" Tarik Upih" Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 61–68.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i1.21622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.