Penyuluhan Edukatif : “Stop dan Cegah Bullying di Lingkungan Sekolah”

Siti Uswatun Hasanah(1*), Syahrullah Syahrullah(2), Nur Irsyadiah(3)

(1) Universitas Islam Jakarta
(2) Universitas Islam Jakarta
(3) Universitas Islam Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Sekolah merupakan wadah dalam mengembangkan potensi kognitif, mora, psikososial serta emosional. Disisi lain sekolah yang menyelenggrakan proses pendidikan serta pengembangan potensi pada anak, sekolah juga dapat membangun pertemanan serta hubungan terhadap teman sabaya berdasarkan aturan yang berlaku disekolah. Sebagai wadah terbesar untuk melatih anak berkembang, agaknya sekolah mampu menjadi tempat terbaik untuk dijadikan rumah yang nyaman. Namun fakta mengungkapkan sebaliknya, sekolah menjadi salah satu tempat terjadinya bullying yang terjadi pada siswa. Motede kualitatif yang akan digunakan sebagai pendekatan pada kegiatan tersebut. Hasil dari dan Tujuan dari kegiatan PKM yang ingin dicapai adalah: a. untuk membekali guru-guru Madrasah Aliyah Sejahtera dalam mencegah kasus bullying yang terjadi di sekolah, b. untuk mengetahui keadaan siswa dan guru di lingkungan Madrasah Aliyah Sejahtera, Pare Kediri. c. mendapatkan solusi yang terbaik bagi permasalahan-permasalahan yang di hadapi para guru Madrasah Aliyah Sejahtera, Pare Kediri


Keywords


Penyuluhan edukatif, stop cegah bullying, sekolah

Full Text:

PDF

References


Angelia, Y. (2018). Peran Guru, Orang Tua, dalam Mencegah Bullying dan Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini TK Aisyiysh Bustanul Athfal 5 Gunung Agung Tengah Kota Pagar Alam. IAIN Bengkulu.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01). https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Firmansyah, F. A. (2022). Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3). https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590

Hana, D. R., & Suwarti, S. (2020). Dampak Psikologis Peserta Didik yang Menjadi Korban Cyber Bullying. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 1. https://doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7685

Kemenag. (2022). Quran Kemenag. In Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Manafe, H. A., Kaluge, A. H., & Niha, S. S. (2023). BENTUK DAN FAKTOR PENYEBAB BULLYING: STUDI MENGATASI BULLYING DI MADRASAH ALIYAH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3).

Rahmayanti, N. A., Azhar, Y., & Marthasari, G. I. (2020). Implementasi Algoritma C5.0 Untuk Menganalisa Gejala Prioritas Pada Anak Yang Mengalami Bullying. Jurnal Repositor, 2(8). https://doi.org/10.22219/repositor.v2i8.410

Tangkas, M. K. S., Pratama, A., Wardana, K. E. L., Sugiartini, D. K., Ridayanti, P. W., Triguno, Y., & Widiastini, P. M. F. (2023). Edukasi Bullying Pada Remaja Di Sma Negeri Bali Mandara. Jurnal Abdimas ITEKES Bali, 2(2). https://doi.org/10.37294/jai.v2i2.472

Wibowo, H., Fijriani, F., & Krisnanda, V. D. (2021). Fenomena perilaku bullying di sekolah. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2). https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5888




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i1.21038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.