Pemanfaatan Website Desa dan Layanan Mandiri sebagai Upaya Pelayanan Publik Masyarakat Desa Tugu

Ghulam Asrofi Buntoro(1*), Yusron Wirawanto(2), Ismal Bil Hantoro(3), Lintang Purnomo Aji(4), Ilham Yonatama(5), Ikwan Syarifuddin(6), Ringga Albi Prayitno(7), Yogi Prasetyo(8)

(1) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(2) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(3) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(4) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(5) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(6) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(7) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(8) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam implementasi Undang-undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa, Bab VI menekankan pada kewajiban desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan pemberdayaan masyarakat, dan memberikan layanan yang berkualitas.  Desa Tugu yakni salah satu contoh desa yang belum memiliki website resmi, sementara memiliki potensi di berbagai sektor seperti industri, pertanian, dan perkebunan yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu, layanan yang disediakan oleh pemerintah desa masih bersifat konvensional, menyebabkan ineffisiensi dan kesalahan manusia. Sebagai solusi, program pengabdian masyarakat telah diluncurkan untuk menciptakan aplikasi website desa dan layanan mandiri. Warga bisa mendaftar dan mendapatkan pin login untuk mengakses layanan ini. Dengan ini, pemerintah desa bisa memberi layanan yang cepat, mudah, transparan, efektif, serta efisien, sambil mengedukasi masyarakat tentang penggunaan teknologi informasi.  Tujuan program ini meliputi: (a) Membangun media inovasi desa untuk menggali potensi desa, (b) Meningkatkan manajemen website desa, (c) Menyediakan solusi bagi kendala yang mungkin dihadapi masyarakat dalam penggunaan website desa, (d) Membangun Sistem Informasi Desa berbasis Website sebagai Platform Pemerintahan Desa Tugu untuk meningkatkan pelayanan publik yang cepat, akurat, efisien, dan terstruktur kepada masyarakat.  Hasil dari program ini diharapkan bisa memaksimalkan potensi desa, meningkatkan kualitas layanan publik, serta memberi manfaat yang signifikan pada masyarakat Desa Tugu.

Keywords


Website Desa, Pemberdayaan Masyarakat, Pelayanan Publik

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abbas, W. and Sutrisno, S. (2022) ‘Pengembangan Website Desa sebagai Sistem Informasi dan Inovasi di Desa Indu Makkombong, Kabupaten Polewali Mandar’, Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), pp. 505–512. Available at: https://doi.org/10.54082/jamsi.276.

Abdiansah, A. et al. (2021) ‘Penerapaan Sistem Informasi Desa Menggunakan OpenSID di Desa Tanjung Dayang Selatan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan’, Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), pp. 1472–1479. Available at: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.5621.

Adam, M. and Nurhalimah (2021) ‘Analisis Pengembangan Sistem Informasi Desa Berbasis Website Di Desa Kaleok Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar’, Alhaqiqah: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), pp. 1–10.

Agustin, W. et al. (2021) ‘Penguatan Pengelolaan Website Desa Untuk Meningkatkan Layanan Administrasi Kependudukan di Desa Pasir Baru Rokan Hulu’, Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), pp. 8–17. Available at: https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i1.132.

ALWIN M, M.F. and SHERWIN R.U.A.SOMPIE, S. (2021) ‘Implementasi Teknologi Gesture Recognition Pada Anjungan Layanan Mandiri Edukasi’, Jurnal Teknik Informatika, 16(3), pp. 319–326.

Askur Hamid Nst et al. (2022) ‘Persepsi Nasabah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Terhadap Layanan Fitur Mobile Banking Bsi’, Trending: Jurnal Manajemen dan Ekonomi, 1(1), pp. 114–122. Available at: https://doi.org/10.30640/trending.v1i1.480.

Barniat, Z. (2019) ‘Otonomi Desa: Konsepsi Teoritis dan Legal’, Analisis Sosial Politik, 5(1), pp. 20–33.

Dewi, N.S. et al. (2023) ‘Pendampingan UMKM Desa Sulahan Dalam Eskalasi Kualitas Produk Jajan Upakara Untuk Mendapatkan Izin Edar BPOM’, 6(3), pp. 461–469.

Effendy, I. et al. (2023) ‘Pelatihan Penggunaan Website Desa Indrapura’, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bina Darma, 3(2), pp. 123–128. Available at: https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i2.2464.

Fattah, F. and Azis, H. (2020) ‘Pemanfaatan Website sebagai Media Penyebaran Informasi pada Desa Tonasa Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar’, Ilmu Komputer Untuk Masyarakat, 1(1), pp. 15–20. Available at: https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOMAS/article/view/771/0.

Feriyanto, N. (2016) ‘Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Sidorejo Kabupaten Purworejo Melalui Penguatan Kelembagaan Berbasis Pengembangan Potensi Lokal’, Ajie, 1(3), pp. 210–218. Available at: https://doi.org/10.20885/ajie.vol1.iss3.art5.

Jeddawi, M., Rahman, A. and Nawawi, M. (2018) ‘Studi Kemungkinan Perubahan Status Desa Teluk Kapuas Menjadi Kelurahan Di Kabupaten Kubu Raya’, Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 3(1), pp. 31–50. Available at: https://doi.org/10.33701/jipsk.v3i1.301.

Kasran, M., Syamsuddin, S., & Nisa, K. (n.d.). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAYANAN DESA BERBASIS WEB DI DESA LEBANI KECAMATAN BELOPA UTARA. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 06(03), 2023.

Khairunnisa, A.A. (2018) ‘Penerapan Prinsip-Prinsip Hak Asasi Manusia Dalam Pembentukan Produk Hukum oleh Pemerintah Daerah’, Jurnal Manajemen Pemerintahan, 5(1), pp. 65–78.

Massa, A., Pengabdian, J. and Vol, N. (2021) ‘ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional Vol. 01, No. 02, Tahun (2021)’, 01(02), pp. 49–55.

Millah, N., Miswanto, M. and Alfiniyah, C. (2023) ‘Pembuatan Sistem Informasi Desa (SID) untuk Menunjang Pelayanan di Desa Klangon, Madiun’, PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 8(1), pp. 27–33. Available at: https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v8i1.4160.

Pamungkas, R. et al. (2020) ‘Pemanfaatan Website Desa Dalam Optimalisasi Informasi Publik kepada masyarakat di Desa Kiringan’, Jurnal Daya-Mas, 5(2), pp. 32–38. Available at: https://doi.org/10.33319/dymas.v5i2.43.

Paristha, N.P.T., Arida, I.N.S. and Bhaskara, G.I. (2022) ‘Peran Stakeholder dalam Pengembangan Desa Wisata Kerta Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar’, Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 8, p. 625. Available at: https://doi.org/10.24843/jumpa.2022.v08.i02.p13.

Pemerintah Republik Indonesia (2020) ‘Permen Desa PDTT Nomor 14 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Permen Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020’, Sereal Untuk, 51(1), p. 51.

Penelitian, L. and Tanjungpura, M.U. (2023) ‘Jurnal Pengabdi’, 6.

Sakir, S., Rahmatullah, A.S. and Sarofah, R. (2019) ‘Optimalisasi Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Dusun Temanggung, Jetis, Saptosari, Gunungkidul’, Warta LPM, 21(2), pp. 1–5. Available at: https://doi.org/10.23917/warta.v21i2.6567.

Simarmata, N.Y. and Sutrisno, E. (2022) ‘Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Prinsip GoodGovernance di Kantor Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi’, Jurnal Pembangunan dan Administrasi Publik, 4.

Sumanjoyo Hutagalung, S., Hermawan, D. and Mulyana, N. (no date) ‘Pendayagunaan Website Desa Sebagai Media Inovasi Desa Di Desa Bernung Dan Desa Sumber Jaya Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung 1Jurusan Administrasi Negara FISIP Universitas Lampung 2Jurusan Administrasi Negara FISIP Universitas Lampung 3Jurusan Administrasi Negara FISIP Universitas Lampung’, (Mitra 1).

Susadi, H. and Mayora, E. (2019) ‘Pemberdayaan Perangkat Desa Aur Duri Kota Sungai Penuh Melalui Peningkatan Kualitas Kerja & Pelayanan Untuk Mewujudkan Tata Kelola Desa Yang Baik’, Jurnal Abdimas Sakti …, 1, pp. 17–22. Available at: http://ejournal.stie-sak.ac.id/index.php/63201/article/view/338.

Syaebani, A. et al. (2021) ‘Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Surat Menyurat (Sira) Berbasis Website Dengan Menggunakan Framework Codeigniter’, Journal of Information System Management (JOISM), 3(2), pp. 59–65. Available at: https://doi.org/10.24076/joism.2021v3i2.446.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i1.21020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.