Pembekalan Penggunaan Media Pembelajaran Discord dalam Pembelajaran Daring untuk Guru Sejarah SMA Fatahillah

Nur Fajar Absor(1*), Khairul Tri Anjani(2), Darmawan Rahmadi(3)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Di saat situasi dan kondisi pandemi Covid-19, menuntut guru harus bisa memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi pada pembelajaran daring. Akan tetapi, permasalahan yang muncul adalah beberapa pendidik masih kurang memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai media pembelajaran, akibatnya kegiatan pembelajaran daring yang dilakukan kurang efektif dan menimbulkan kebosanan serta menurunnya minat atau motivasi peserta didik terhadap mata pelajaran yang mereka pelajari, tidak terkecuali pada pembelajaran sejarah. Hal serupa terjadi di SMA Fatahillah Jakarta. Oleh karena itu, agar pembelajaran sejarah menarik minat dan motivasi belajar peserta didik, maka salah satu media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan adalah Discord. Adapun, target rencana bagi guru sejarah adalah memberikan pembekalan tentang media pembelajaran sejarah berupa media pembelajaran yang efektif dan bisa berdampak bagi peserta didiknya. Metode pelaksanaan yang diterapkan dalam kegiatan ini ialah dengan menerapkan metode ceramah dengan mengulas studi kasus yang ada di sekolah. Hasilnya pembekalan penggunaan media pembelajaran Discord dalam pembelajaran daring untuk guru sejarah di SMA Fatahillah Jakarta berlangsung dengan baik dan dapat dijadikan salah satu referensi media pembelajaran bagi pendidik dalam pembelajaran di masa daring dan juga dapat meningkatkan minat atau motivasi peserta didik terhadap pembelajaran sejarah.

Keywords


pembelajaran sejarah, media pembelajaran, media Discord

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Absor, N. F. (2020). Pembelajaran Sejarah Abad 21: Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Chronologia, 2(1), 30–35. https://doi.org/10.22236/jhe.v2i1.5502

Efriani, E., Dewantara, J. A., & Afandi, A. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI DISCORD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE. JTIP: Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 61–65.

Fimansyah, W., & Kumalasari, D. (2015). Penanaman nilai-nilai nasionalisme melalui pembelajaran sejarah di SMA Kebangsaan Yogyakarta. ISTORIA Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 11(1).

Lestari, S. U., Saraswati, U., & Muntholib, A. (2018). Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukorejo Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukorejo. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 205–215.

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala pembelajaran daring selama pandemic covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 286–291.

Rakhmawan, A., Juansah, D. E., Nulhakim, L., Biru, L. T., Rohimah, R. B., Suryani, D. I., Vitasari, M., & Resti, V. D. A. (2020). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Discord dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 55–59.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i5.20586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.