Strategi Meningkatkan Resiliensi Siswa bagi Guru Muhammadiyah Boarding School Uswatun Hasanah Pagaden

Arief Muda Kusuma(1), Anna Rufaidah(2*), Afiatin Nisa(3), Khairul Tri Anjani(4)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Resiliensi merupakan kapasitas yang dimiliki oleh individu untuk bertahan dalam situasi yang stressfull. Kemampuan tersebut didapatkan melalui proses yang tidak singkat. Pengembangan kemampuan resiliensi ini tentu sangat bermanfaatsebagai bekal bagi individu ketika suatu saat nanti kembali menemui masa sulityang tidak dapat dihindari. Mengingat semakin kompleksnya permasalahan yang bisa saja dialami oleh siswa saat ini, bukan suatu hal yang mustahil jika siswa tidak memiliki resiliensi maka siswa cenderung agresif, pasif, sering merasa cemas, menarik diri dari lingkungan bahkan depresi. Oleh sebab itu, guru harus bisa menjadi sahabat siswa dan responsif terhadap berbagai permasalahan yang ada, termasuk dengan melakukan kegiatan yang bersifat preventif.


Keywords


Kemampuan Resiliensi, Siswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Atviyanto, Y., Barida, M., & Munandari, I. (2021). Upaya Meningkatkan Resiliensi Siswa Ekonomi Bahwa Melalui Metode Problem Solving Pada Siswa Kelas X Boga Smk Negeri 3 Magelang Tahun Pelajaran 2020/2021. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan, 561– 565.

Fernanda Rojas, L. (2015). Factors Affecting Academic Resilience In Middle School Students : A Case Study. Gist Education And Learningresearch Journal, 11(11), 63– 78.

Habsyah, N. Y., Masrukoyah, E., & Wasmana, W. (2018). Meningkatkan Resiliensi Peserta Didik Melalui Peningkatan. Fokus, 44-51.

Hendriani, W. (2017). Adaptasi Positif Pada Resiliensi Akademik Mahasiswa Doktoral. Jurnal Humanitas. (14) 02: 139-149.

Hurlock, E. (2003). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Linley, P. A, & Joseph, S. (2004). Positive Psychology In Prctice. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Nikmah, R. (2017). Peran Guru Bk Dalam Meningkatkan Resiliensi Siswa. Seminar Nasional Bimbingan Konseling 2017, 217-221.

Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Purnama, A. A. (2019). Self-Instruction Training Untuk Meningkatkan Resiliensi. Prophetic: Professional, Empathy And Islamic Counseling Journal, 127-142.

Putra, I. P. (2020). 4,3 Juta Siswa Putus Sekolah di 2019. Medcom.Id. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/9K50Pl3k-4-3-juta-siswa-putussekolah-di-2019

Reivich dan Shatte. (2002). Psychosocial Resilience. American Journal of Orthopsychiatry, 57, 316. doi:10.1111/j. 1939-0025.1987.tb03541.x

Utami, C. T., & Helmi, A. F. (2017). Self-Efficacy Dan Resiliensi:. Buletin Psikologi , 54-65.

Santrock, J. W. (1996). Life-Span Develompment : Perkembangan Masa Hidup. Jakarta : Erlangga.

Slavin, E. R. (2011). Psikologi Pendidikan. Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i6.20538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.