Revitalisasi Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDS IT Nurul Yaqin Kramat Jati, Jakarta Timur

Bambang Sumadyo(1*), Dewi Indah Susanti(2), Jatut Yoga Prameswari(3)

(1) Indraprasta PGRI University
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Literasi bukan lagi hal baru dalam dunia pendidikan kita. Dimana literasi seharusnya sudah menjadi budaya tidak hanya bagi peserta didik, namun juga bagi para pendidik. Literasi sendiri merupakan suatu kegiatan pembiasaan berpikir yang juga diikuti dengan proses membaca dan menulis dan pada akhirnya akan mengarah pada berpikir kritis, pemecahan masalah, pengembangan pengetahuan, dan penciptaan karya. Gerakan literasi sekolah (GLS) sendiri merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang “Penumbuhan Karakter yang Baik”. Sekolah pada hakikatnya adalah tempat seseorang belajar dalam ranah formal, sehingga proses kegiatan literasi melalui kegiatan belajar mengajar di sekolah sudah seharusnya terjadi dan telah terjadi. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 4 (5) juga menyebutkan bahwa mencerdaskan bangsa dilaksanakan melalui pengembangan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi seluruh anggota masyarakat. Kegiatan gerakan literasi sekolah tidak hanya sekedar menyiapkan ruang baca saja, namun lebih dari itu perlu merancang dan mengkondisikan situasi agar tujuan dan manfaat dari GLS itu sendiri dapat terwujud. Untuk itu dilakukan sosialisasi mengenai Revitalisasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SDS IT Nurul Yaqin.


Keywords


Revitalisasi, GLS, SDS IT Nurul Yaqin

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6m Di Sekolah Dasar. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1), 42–52. https://doi.org/10.30870/JPSD.V3I1.1093

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. Retrieved from http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama (1st ed.). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pendidikan Masyarakat dan pendidikan Khusus. (2021, May 21). DITPKLK | Literasi Bukan Hanya Baca dan Tulis | 2020. Retrieved December 20, 2022, from https://pk.kemdikbud.go.id/read-news/literasi-bukan-hanya-baca-dan-tulis

Kementerian Pendidikan dan Kebuadayaan Republik Indonesia. (2015). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015. Retrieved September 23, 2023, from simpuh.kemenag.go.id website: https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_23_15.pdf

Kompasiana.com. (2023, February 7). Upaya Pengembangan Literasi di Sekolah Halaman 1 - Kompasiana.com. Retrieved March 17, 2023, from https://www.kompasiana.com/ website: https://www.kompasiana.com/susanto8585/63e1dc7dba21271af33d24d2/upaya-pengembangan-literasi-di-sekolah

Kristy, R. D., Hayatin, N., & Wahyuni, D. (2019). Peningkatan Literasi Untuk Guru Dan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Ensiklopedia Anak. Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1), 47–54. https://doi.org/10.22219/JPA.V2I1.8316

Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. Retrieved September 23, 2023, from rosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019 website: https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10300/5174

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/JRPD.V6N3.P230-237

Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 151–174. https://doi.org/10.24042/TERAMPIL.V4I1.2118

Sutrisna, I. G. P. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 oleh I Putu Gede Sutrisna. 8(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3884420




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i6.20505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.