Mengembangkan Kemampuan Berliterasi Siswa Menggunakan Aplikasi Let’s Read pada Bimbingan Belajar Gama Ui
(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Literasi merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa, dimana kemampuan tersebut menggunakan potensi dan keterampilan siswa untuk mengolah dan memahami informasi pada saat membaca dan menulis. Let’s Read adalah salah satu platform perpustakaan digital yang diciptakan sebagai konten pendidikan. Dalam pembelajaran perlu dilakukan kegiatan untuk meningkatkan pemahaman serta keterampilan guru dalam berinovasi khususnya meningkatkan keterampilan literasi siswa. Kegiatan tersebut bertujuan agar guru mampu meningkatkan minat membaca serta budaya suka membaca pada siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut perlu dilakukan pengabdian kepada masyarakat di bimbingan belajar Gama UI Pondok Labu. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman serta keterampilan guru menggunakan aplikasi Let’s Read agar minat membaca serta budaya suka membaca pada siswa meningkat. Metode pengabdian yang dilakukan adalah dengan cara observasi dan melaksanakan workshop secara online. Berdasarkan hasil pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan terjadi peningkatan kemampuan guru, dilihat dari score pre-test dan post-test, guru di bimbingan belajar Gama UI Pondok Labu mengalami peningkatan pemahaman terhadap aplikasi Let’s Read, sehingga guru mampu berinovasi dalam pembelajaran guna meningkatkan minat membaca serta budaya suka membaca pada siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.411
Mulyaningtyas, R., & Setyawan, B. W. (2021). Aplikasi Let’s Read Sebagai Media Membaca Nyaring Untuk Anak Usia Dini. Estetika Vol, 3(1), 33–46. https://doi.org/10.36379/estetika.v3i1
Nirmala, S. D. (2022). Problematika Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 393–402. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8851
Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11
Rosmaini, R., Arnita, A., & Rozi, F. (2018). Keterampilan Literasi Untuk Meningkatkan Budaya Suka Baca Di Sekolah Amalia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(4), 423–431. https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i4.8603
Taufik dkk (2023). Literasi Digital untuk Guru Sekolah Dasar di Wilayah Pesisir Kabupaten Dompu. Vol 6, No 5. September-Oktober 2023hal. 543-553 Jurnal PKM Pengabdian Kepada Masyarakat. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i5.19584
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i6.20415
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.