Pelatihan Canva sebagai Strategi Meningkatkan Kreatifitas di SMA Negeri 1 Pare Kediri

Nahuda Nahuda(1*), Kunaenih Kunaenih(2), Rizziq Maulana Yatin(3), Yunita Maulidya(4), Milatie Haniefa(5), Anisa Aulia(6), Nurul Zahro Hasmiyatika Putri(7)

(1) Universitas Islam Jakarta
(2) Universitas Islam Jakarta
(3) Universitas Islam Jakarta
(4) Universitas Islam Jakarta
(5) Universitas Islam Jakarta
(6) Universitas Islam Jakarta
(7) Universitas Islam Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Kreativitas adalah salah satu aspek penting dalam mengembangkan solusi inovatif dan menonjolkan diri dalam berbagai bidang, termasuk desain grafis. Dalam era digital yang semakin berkembang, alat desain grafis online seperti Canva telah menjadi sarana utama untuk mengungkapkan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan Canva dalam meningkatkan kreativitas individu. Metode penelitian ini melibatkan penyelenggaraan pelatihan Canva kepada sekelompok peserta yang berasal dari beragam latar belakang dan tingkat keterampilan. Pelatihan ini mencakup dasar-dasar penggunaan Canva, teknik desain grafis, dan pemahaman tentang prinsip-prinsip desain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan Canva efektif dalam meningkatkan kreativitas peserta. Partisipan melaporkan peningkatan dalam kemampuan mereka untuk menciptakan desain yang menarik dan beragam, serta merasa lebih percaya diri dalam menghadapi tugas-tugas desain grafis. Selain itu, pelatihan Canva juga membantu peserta untuk lebih memahami prinsip-prinsip desain yang mendasar, seperti komposisi, pemilihan warna, dan tipografi. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga di SMAN 1 Pare tentang peran Canva sebagai alat bantu dalam meningkatkan kreativitas individu. Hasilnya dapat menjadi panduan bagi sekolah dan lembaga Pendidikan lainnya untuk mengembangkan strategi pelatihan yang lebih efektif dalam mengasah kreativitas dalam era digital.


Keywords


Pelatihan Canva, Strategi, Kreativitas

Full Text:

PDF

References


Chamidah, S. N. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva dan Padlet Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Teks Caption. Jurnal Dharma Pendidikan STKIP PGRI Nganjuk, 17(1).

Mekariani, M., & Mudinillah, A. (2021). Penerapan Canva Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar Kelas 5 Rambatan pada Era Revolusi Industry 4.0. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/10.15408/elementar.v1i2.22830

Puji lestari, F. A., Lestsri, I. D., & Riko, R. (2022). SOSIALISASI PEMBELAJARAN ONLINE KEPADA ORANG TUA MURID DI TK AR RAHMAH. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i2.9070

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2).

Saputra, E., Ali, N., & Haris, A. (2023). PELATIHAN CARA MEMBEDAKAN TULISAN MUSHAF CETAKAN INDONESIA DENGAN MUSHAF CETAKAN MADINAH PADA JAMAAH PENGAJIAN MASJID JAMI DARUSSALAM PONDOK LABU. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i6.12720

Setiawan, B. A., & Jatmikowati, T. E. (2021). Pelatihan pengembangan bahan ajar handout berbasis aplikasi canva bagi guru di sma baitul arqom. ABDI Indonesia, 1(1).

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1). https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i5.20363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.