Literasi Digital untuk Guru Sekolah Dasar di Wilayah Pesisir Kabupaten Dompu

Taufik Taufik(1*), Angga Putra(2), M. Nur Imansyah(3), Nurdianah Nurdianah(4), Iwansyah Iwansyah(5)

(1) STKIP Yapis Dompu
(2) STKIP Yapis Dompu
(3) STKIP Yapis Dompu
(4) STKIP Yapis Dompu
(5) STKIP Yapis Dompu
(*) Corresponding Author

Abstract


Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PkM) bertujuan meningkatkan literasi digital para guru di wilayah pesisir Kabupaten Dompu, khususnya di SDN 24 Pekat. Program ini berupaya mengatasi kendala dengan memberikan pelatihan dan pendampingan guru dalam memperoleh keterampilan dalam mengoperasikan teknologi digital. Kegiatan ini meliputi: workshop strategi penelusuran Search Engine (Google), penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan aplikasi Book Creator, dan penulisan karya ilmiah Penelitian Tindakan Kelas serta publikasi di jurnal nasional terakreditasi. Adapun tahapan yang dilakukan dalam program ini, yakni: a) Persiapan program (survei dan analisis situasi), b) Pelaksanaan program (sosialisasi program, penyusunan materi, implementasi program, monitoring dan evaluasi). Hasil pelatihan yang dilakukan diantaranya: 1) Meningkatkan keterampilan guru dalam mencari dan mengevaluasi sumber belajar digital Search Engine secara mandiri. Guru diberikan pemahaman tentang etika penggunaan informasi, sumber belajar, serta cara menemukan dan mengunduh artikel dari jurnal nasional, 2) Meningkatnya keterampilan para guru dalam menyusun Lembar Kegiatan Peserta Didik yang kreatif dan interaktif. Guru akan diajarkan strategi penyusunan konten menarik dan memanfaatkan fitur-fitur dari Book Creator, dan 3) Guru diberikan panduan dalam merancang Penelitian Tindakan Kelas yang relevan dengan konteks pembelajaran, serta diajak untuk berkolaborasi dalam kelompok diskusi untuk saling bertukar ide dan pengalaman. Selain itu, mereka diberikan pemahaman tentang proses dan kriteria publikasi di jurnal terakreditasi.


Keywords


literasi; digital; guru; sd; pesisir

Full Text:

PDF

References


Ayunia Lestari, P., Nurhikmah, E., Farhani, F., Pauziah, H., Winati, I., Ayunda Rahmaputri Isnawan, O., Mulyana, A., Rahayu, P., Nuraeni, F., Fajar Nugroho, O., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva bagi Guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 2(1), 47–54.

Bea Hana Siswati, Suratno, S. H. (2023). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru-Guru melalui Pelatihan Pembelajaran Kolaboratif di Ma Nurul Islam Silo Jember. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 3993–4006.

Diputra, K. S., Tristiantari, N. K. D., & Jayanta, I. N. L. (2020). Gerakan Literasi Digital Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. JCES (Journal of Character Education Society), 3(1), 118–128. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES

Fathirma’ruf, F., Budiman, B., & Taufik, T. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Dalam Bidang Pendidikan, Kesehatan Dan Teknologi Informasi Untuk Mendukung Kemajuan Pariwisata Kab. Dompu. Media Bina Ilmiah, 14(2), 2069. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i2.307

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 269–284. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3255

Fitriyani, & Mukhlis, S. (2021). Urgensi Penggunaan Digital Literasi dalam Pelaksanaan Pendidikan Dimasa Pandemi: Systematic Literature Review. Jurnal Dikod, 1(1), 13–20.

Frijuniarsi, N., Niswati, Z., & Marlina, D. (2023). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Guru. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 06(04), 444–450.

Hardianti, R. D., Pamelasari, S. D., Wusqo, I. U., Savitri, N., & Yanitama, A. (2021). Pelatihan dan Fasilitasi Publikasi Hasil PTK pada Jurnal Terakreditasi SINTA bagi Guru MGMP IPA Kota Semarang Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Semarang senantiasa mengembangkan empat dimanfaatkan guru untuk melakukan Salah. Indonesia Journal of Community Empowerment, 1(2), 33–40.

Purwanti, P., & Bhakti, Y. B. (2023). Pendampingan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas di Mgmp Fisika Kabupaten Karawang. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 06(04), 477–484.

Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(1), 33. https://doi.org/10.31504/komunika.v10i1.3795

Sabriyanti, A., Purwaningtyas, F., Purwaningtya, F., Restiana, R., Lestari, P., & Rahimi, A. (2022). Analisis Perilaku Penelusuran Informasi Pemustaka Dalam Upaya Pemenuhan Kebutuhan Informasi di Perpustakaan UINSU. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(2), 350–357. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v3i2.2483

Sukirman, S. (2017). Peningkatan Atmosfer Belajar Siswa Generasi Digital Natives Melalui Pembelajaran Berasis Game. Prosiding Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan, 345–352.

Sumiati, E., & Wijonarko. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat Dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65–80.

Sutrisno, Muhammad Hamka Ibrahim, Subuh Pramono, Meiyanto Eko Sulistyo, F. L. (2023). Pelatihan Desain dan Internet untuk Mewujudkan. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 06(02), 136–142.

Wulansari, R., Maulinda, T. N., Afandi, A., Rahmah, N. A., Kristian, K., & Megawati, E. (2023). Smart Parenting melalui Pemanfaatan Teknologi Pendidikan bagi Anggota PKK Rw 06 Pancoran. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 116. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i1.14453

Zubair, S. (2023). Book Creator Sebagai Aplikasi dalam Menyusun Media Pembelajaran Interaktif bagi Calon Guru Profesional. INOVASI : Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(1), 8–12.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i5.19584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.