Penyuluhan Edukatif “ Penguatan Nilai Karakter Bagi Pembentukan Kepribadian Di Pondok Pesantren Tahfidz Mazro’atul Lughoh Pare Kediri Jawa Timur”

Marhamah Marhamah(1*), Attabik Lutfhi(2), Nahuda Nahuda(3), Muh. Hamdan Rasyid(4)

(1) Universitas Islam Jakarta
(2) Universitas Islam Jakarta
(3) Universitas Islam Jakarta
(4) Universitas Islam Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesantren menjadi Lembaga Pendidikan yang memberikan harapan besar terhadap perubahan karakter, kepercayaan yang sudah disematkan pada Lembaga pesantren harus dijaga betul agar pesantren tetap menjadi pilihan utama dalam penguatan karakter pada santrinya. Adanya kasus negatif yang terjadi di pondok pesantren memang sempat menjadi keprihatinan, akan tetapi tidak menghilangkan tujuan utama dalam pembentukan serta penguatan dalam meningkatkan kepribadian yang berakter. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat oleh tim dari Universitas Islam Jakarta melakukan penyuluhan edukatif penguatan nilai karakter bagi pembentukan kepribadian di ponpes Tahfidz Mazro’atul dengan meningkatkan wawasan kelimuan secara menyeluruh dengan mengintegrasikan segala aspek keilmuan yang tersedia.  Metode ini dengan pendekatan kualitatif, dimana Kegiatan ini dengan maksud untuk membantu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, khususnya Pondok Pesantren Mazroatul Lughoh Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Jawa Timur, agar dapat meningkatan pemahaman santri dalam mengembangan nilai-nilai karakter yang baik. Tujuan dari kegiatan ini agar para santri pondok pesantren dapat mengimplementasikan nilai-nilai karakter serta santri selalu menghiasi kehidupannya dengan menjadi kepribadian yang baik dengan mengedepankan akhlakul karimah.


Keywords


Penyuluhan Edukatif, Penguatan Karakter, pembentukan Kepribadian

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Fannani, B., Tohari, I., & Arifin, S. (2018). MENYEMAI PENDIDIKAN AGAMA ANTI KONFLIK DAN KEKERASAN DI TENGAH KEHIDUPAN MASYARAKAT MULTIKULTURAL. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(2). https://doi.org/10.51311/nuris.v5i2.106

Martahayu, V., & Yunita. (2021). Penyuluhan Kesehatan Di Masa Pandemi Dan New Normal. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2).

Martin, M., Elmansyah, T., & Novianty, F. (2020). PENGUATAN NILAI KARAKTER DALAM LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2). https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1552

Nizarani, N., Kristiawan, M., & Sari, A. P. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(1). https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5432

Pratiwi, D. A., Yuniar, N., & Meiyana, P. E. (2015). Pengaruh penyuluhan metode permainan edukatif dan metode ceramah terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan tentang pencegahan penyakit diare pada murid SD di Kecamatan Poasia Kota Kendari tahun 2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 1(2).

Ritonga, M. (2022). Strategi Manajemen Layanan Administrasi Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Pada Kepala Seksi Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren Kab. Labuhanbatu Utara. ALACRITY : Journal of Education. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i3.49

Sofiana, L., Puratmadja, Y., Sari, B. S. K., Pangulu, A. H. R., & Putri, I. H. (2018). PENGETAHUAN TENTANG HIPERTENSI MELALUI METODE PENYULUHAN. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.12928/jp.v2i1.443




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i5.19536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.