Pelatihan Video Editing untuk Guru dan Peserta Didik di SMA Negeri 20 Jakarta
(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Kegiata program kemitraan masyarakat dalam bentuk pelatihan video editing ini ditujukan kepada guru dan peserta didik SMA Negeri 20 Jakarta untuk meningkatkan keterampilan pengolahan video yang layak untuk publish. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah baik guru dan peserta didik belum memahami dasar-dasar videografi dan penggunaan aplikasi video editing. Oleh sebab itu, tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat mengadakan pelatihan dengan membagi kegiatan ke dalam dua sesi, yaitu sesi materi dan praktik. Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ini, didukung dengan tenaga praktisi untuk membantu ketika sesi praktik. Materi yang disajikan oleh tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat didasarkan atas analisis kebutuhan dari guru dan peserta didik SMA Negeri 20 Jakarta yang menjadi peserta utama kegiatan ini. Sebagai mitra, pihak SMA Negeri 20 Jakarta menyediakan sarana dan prasarana berupa ruang laboratorium komputer sebagai tempat pelatihan, komputer, dan perlengkapan presentasi. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 27 peserta yang terdiri dari 7 guru dan 20 peserta didik. Video yang dihasilkan dari kegiatan ini sebanyak 17 video, yaitu 13 video dihasilkan oleh peserta didik dan 4 video dihasilkan oleh guru. Adapun 10 peserta yang tidak berhasil menyelesaikan video sampai akhir kegiatan dikarenakan kendala teknis, yaitu perbedaan spesifikasi perangkat yang mengakibatkan lambatnya dalam proses editing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, T. W., & Satvikadewi, A. A. I. P. (2020). Personal Branding Content Creator Arif Muhammad (Analisis Visual pada Akun Youtube @Arif Muhammad). Representamen, 6(01). https://doi.org/10.30996/representamen.v6i01.3519
Hermawan, S., Rochmaniah, A., & Yani, D. M. (2021). Peningkatan Keterampilan Content Creator Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 5(1), 301–309. http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/ppm/article/view/1047
Insani, R. W. S. (2020). Pelatihan Editing Video Pembelajaran Bagi Dosen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 17(2), 104. https://doi.org/10.29406/br.v17i2.2479
Kabelen, N. W. (2021). Perjalanan Dan Perkembangan Videography Dari Ilmu Hingga Menjadi Sebuah Profesi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 4(2), 79. https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v4i2.600
Kholisho, Y. N., Arianti, B. D. D., Jamaluddin, J., Wirasasmita, R. H., Ismatulloh, K., Uska, M. Z., & Fathoni, A. (2021). Pelatihan pembuatan dan editing video bagi guru SD untuk menghadapi Era Industri 4.0. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 119–127. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3586
Kholisoh, N., Andika, D., & Suhendra, S. (2021). Short Film Advertising Creative Strategy in Postmodern Era Within Software Video Editing. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 7(1), 041. https://doi.org/10.30813/bricolage.v7i1.2391
Prianto, C., Harani, N. H., & Rahayu, W. I. (2021). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Video Editing Di Sman 2 Lembang Bandung Barat. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(1), 124–136. https://doi.org/10.33369/dr.v19i1.15927
Rahardja, U., Aini, Q., & Putra, A. D. (2020). Penerapan Editing Video Menggunakan Kinemaster Sebagai Sarana Media Promosi Blockchain Pada Instagram. MAVIB Journal, 2(1), 27–38. https://doi.org/10.33050/mavib.v2i1.1131
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i4.18954
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.