Sosialisasi Literasi Numerasi dalam Kegiatan Market Day

Rezkiyana Hikmah(1*), Dian Novita(2), Lin Suciani Astuti(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Market day adalah aktivitas yang meniru kondisi pasar sebenarnya. Siswa diberi kesempatan untuk merancang, memproduksi, memasarkan dan menjual produk. Kegiatan pemasaran juga dapat dilihat sebagai simulasi kecil dari pengalaman bisnis yang sebenarnya. Selain itu, market day merupakan kegiatan yang dapat menawarkan pengalaman baru dalam interpretasi konsep matematika, khususnya bagi anak TK. Market day dapat membantu meningkatkan keterampilan berhitung siswa, memahami konsep matematika dasar, dan mengembangkan keterampilan sosial dan kreativitas. Literasi numerasi adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan angka dalam berbagai situasi sehari-hari. Hal tersebut berkaitan dengan bagaimana siswa memahami konsep angka dan operasi matematika dasar, menggunakan angka dalam konteks, memecahkan masalah matematika, dan memahami data dan pengukuran. Namun, banyak siswa yang kurang memiliki keterampilan matematika karena belum memiliki pengalaman dalam menggunakan angka dalam sehari-hari. Guru berperan penting dalam memahami manfaat market day bagi siswa TK. Sebagai fasilitator, guru harus memastikan bahwa kegiatan direncanakan dan disajikan kepada siswa dengan cara yang menarik dan bermanfaat. Oleh karena itu, kegiatan market day sangat ideal sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan berhitung siswa seperti mengenal angka, mengenal dan memahami uang dan nilainya, serta memahami konsep penjualan sederhana.

 

Kata kunci: Market day, Literasi Numerasi


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aryanti, P., Nisa, K., Fatimah, A. N., & Rahmasiwi, A. (2022). Market Day Project in Growing Early Childhood Numeracy Literacy in TK Islam Orbit 2 SURAKARTA. Contestation and Contextualization of Early Chidhood Islamic Education in the Sosio-Cultural Space, 58–67.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.

Purpura, D. J. (2010). Electronic Theses, Treatises and Dissertations The Graduate School.

Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. ThufuLA, 9(2), 182–192.

Rochmah, S., Hanipah, I., & Sofiyana, N. (2022). Kegiatan Market Day untuk Mengenalkan Literasi keuangan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA), 6(2), 57–61.

Siwiyanti, L. (2017). Embedding the Entrepreneurship Values through Market Day Activity. In GOLDEN AGE (Vol. 1, Issue 1).

Sudarti. (2022). Penerapan Pembelajaran Literasi Numerasi pada Anak Usia Dini. Pembelajaran Kolaboratif Matematika Berbasis Lesson Study Di SMP, 131–139.

Wahyuni, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840–5849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3202

Yulianti, E., Jaya, I., & Eliza, D. (2019). Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 41–50. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.33

Yuwono, W. (2020). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1419–1429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i5.18777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.