Penguatan Wawasan Program Inklusi melalui Layanan Informasi di SMAN 51 Jakarta

Cindy Marisa(1*), Siti Aminah Alfalathi(2), Sara Sahrazad(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan inklusif merupakan pendidikan yang diselenggarakan pada anak berkebutuhan khusus untuk memberikan kesempatan belajar di sekolah umum sebagai upaya pemerataan hak Pendidikan bagi Warga Negara Indonesia. Kolaborasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah merupakan upaya Pendidikan sistematis yang membantu siswa mencapai tugas perkembangan sesuai dengan potensinya. Pemberian penguatan program inklusi melalui layanan informasi ini bertujuan untuk menambah pengetahuan, keahlian dan keterampilan guru dalam menangani anak inklusi dan sebagai langkah pencegahan dalam kesalahan penanganan pada siswa inklusi di sekolah. Pemberian layanan informasi pada kegiatan PkM ini dilakukan melalui metode seminar yang melibatkan guru-guru di SMAN 51 Jakarta sebanyak 31 orang. Berdasarkan data diperoleh simpulan bahwa setelah kegiatan dilakukan guru memperoleh perubahan positif yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,001<0,005. Layanan informasi yang diberikan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan program inklusi bagi siswa di sekolah sehingga siswa dengan kebutuhan khusus dapat mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimilikinya.


Keywords


Pendidikan Inklusi, Layanan Informasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al Ansori, A. N. (2020). Jumlah Penyandang Disabilitas di Indonesia Menurut Kementrian Sosial. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4351 496/jumlah-penyandang-disabilitas-diindonesia-menurut-kementerian-sosial. Diakses 1 Oktober 2022 pukul 07.00

Edward III, George C. 1980. Implementing Public Policy. USA: Congresssional Quarterly Inc.

Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Metode Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 2(2), 84–92.

Fitri, N. F., & Adelya, B. (2017). Kematangan emosi remaja dalam pengentasan masalah. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 2(2), 30–39.

Hornby, G., & Hornby, G. (2014). Inclusive special education: The need for a new theory. Inclusive Special Education: Evidence-Based Practices for Children with Special Needs and Disabilities, 1–18.

Indah, T., & Hariyanti, P. (2018). Implementasi kebijakan keterbukaan informasi publik pada dinas kominfo kota tasikmalaya. Jurnal Komunikasi, 12(2), 127–140.

Marisa, C., Solihatun, S., Adelia, D., Fitri, E. N., & Sahraza, S. (2020). Counseling services information using jigsaw method to improve students’ learning motivation. 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019), 331–337.

Nursalim, Mochamad & Suradi. (2002). Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Prayitno, & Amti, Erman. (2013). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sholihah, I. (2016). Kebijakan Baru: Jaminan Pemenuhan Hak Bagi Penyandang Disabilitas. Sosio Informa, 2(2), 166–184. https://doi.org/10.33007/inf.v2i2.256.

Sulistyadi, H. K. (2014). Implementasi kebijakan penyelenggaraan layanan pendidikan inklusif di Kabupaten Sidoarjo. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 2(1), 1–10.

Tohirin. 2007. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah. Pekanbaru : Grafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia, 0932 147 (2003). http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20- 2003Sisdiknas.pdf.

Widodo, J. 2011. Analisis Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia.

Winkel & Sri Hastuti. 2006. Bimbingan Dan Konseling Di Instuti Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi H. 323

Wiratsiwi, W. (2019). Tingkat Keefektifan Media Papercraft Struktur Bumi dan Matahari Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gedongombo III Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 5(1), 133–141.

Wulandari, W. (2017). Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dengan Layanan Informasi oleh Guru Bimbingan dan Konseling Di SMPN 3 Banjarbaru. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 3(2), 25–31.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i2.17884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.