Efektifitas Pelatihan Listening for Fun Learning untuk Guru TK

Asti Ramadhani Endah Lestari(1*)

(1) Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu faktor penting dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak adalah guru yang peduli terhadap kebutuhan anak didiknya. Namun kenyataan di lapangan, menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak masih banyak kelemahan dan kekurangannya. Dalam pembelajaran bahasa Inggris, kegiatan menyimak (Listening) dapat dilakukan dengan metode-metode pembelajaran yang menarik. Listening adalah pemahaman kita dalam mendengar bahasa Inggris, baik secara langsung ataupun melalui media seperti musik atau film. Listening dengan lagu yang menggunakan bahasa Inggris sebagai liriknya akan membuat belajar bahasa Inggris menyenangkan. Listening for fun learning dapat menggabungkan antara kesenangan dengan belajar ketika anak menyimak dan mengeksploitasi lagu sebagai sarana untuk belajar bahasa Inggris. Hal ini merupakan salah satu upaya pendekatan untuk meningkatkan kemampuan anak juga untuk memotivasi dalam meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris.

Kata kunci: Pelatihan, Listening for fun, Guru


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kenney, S. (2005). Nursery rhymes: Foundations for learning. General Music Today,

Nunan, D., (2003) Practical English Language Teaching, Singapore: Mc Graw Hill,

Putri, A.M. (2010). Pengembangan Model Materi Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Berdasarkan Perspektif Multikultural. Tesis. Universitas Negeri Jakarta,.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i02.1788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.