Implementasi E- Modul Digital Terintegrasi Media Pembelajaran sebagai Penunjang Kompetensi Inovatif Guru di SMPN 271 Jakarta
(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
E -Modul digital melesat cepat didunia cyber dengan menawarkan berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam media pembelajaran. Berbagai macam aplikasi diluncurkan dengan tren keunikannya , aplikasi canva menjanjikan kemudahan dan inovatif dikalangan guru dan siswa. Aplikasi canva mudah dalam pemahamannya dan memiliki efek tampilan yang menambah kreasi dan edukasi bagi lingkungan sekolah di SMPN 271 Jakarta. Tujuan penerapan aplikasi Canva sebagai kreasi dan edukasi dalam media pembelajaran inovatif pengganti modul cetak, seiring tren teknologi digital yang melesat ditahun digital. Aplikasi canva diterapkan sebagai pengganti modul cetak yang biasa digunakan dikalangan sekolah. Tampilan aplikasi canva yang memukau dan nyaman dipandang menambah kreasi, memacu semangat dalam pembelajaran dilingkungan sekolah. E -Modul digital dengan aplikasi canva disajikan dengan keunikan dan beragam pilihan tema yang disediakan diaplikasi tersebut. Hasil E-Modul digital sebagai media pembelajaran inovatif menerapkan aplikasi canva sebagai pengganti modul cetak sangat dibutuhkan dalam era digital saat ini sebagai upaya kreasi dan edukasi dikalangan tingkat sekolah khususnya di SMPN 271 Jakarta.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ariel Chantika Kuspinutri Dkk. (2022). PENGARUH APLIKASI CANVA TERHADAP JUNIOR DESAINER GRAFIS DI MASA PANDEMI COVID-19 (The effect of Canva applications on Junior Graphic Designers during the Covid-19 pandemic). E-Proceeding of Art & Design, Vol.9(No.2), 1299–1322.
Dalimunthe, A., Affandi, M., & Suryanto, E. D. (2021). PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM TEKNIK DIGITAL MODEL ADDIE. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN, 8(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i1.26777
Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, ISBN: 978-602-6779-47-2.
Nurbani, N., Koriaty, S., & Puspitasari, H. (2019). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATA KULIAH SISTEM DIGITAL UNTUK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TIK. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1). https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1007
Puspita*, K., Nazar, M., Hanum, L., & Reza, M. (2021). Pengembangan E-modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(2). https://doi.org/10.24815/jipi.v5i2.20334
Rahmadhani, S., & Efronia, Y. (2021). Penggunaan E-Modul Di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.16
Rahmatullah dkk. (2022). Desain Modul Digital dengan Aplikasi Canva Bagi Guru Di Kabupaten Majene. SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NEGRI MAKASAR, 747–751.
Ramadhan, A., Jalinus, N., Ta’ali, T., & Mulianti, M. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Model Pembelajaran Self Directed Learning pada Mata Pelajaran Pengelasan. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p091
Yunita, H., & Sholeh, M. (2021). Implementasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( TIK) Sebagai Media Penunjang Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i2.17872
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.