Strategi Green Marketing Hasil Kreasi Barang Bekas Karya Ibu-ibu PKK Kembangan Utara
(1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana Jakarta
(2) Program Stud Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana, Jakarta Indonesia
(3) Program Stud Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana, Jakarta Indonesia
(4) Program Stud Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana, Jakarta Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Sangatlah penting untuk memberikan perhatian lebih terhadap isu-isu tentang keberlanjutan. Laporan terkini mengungkapkan bahwa hampir 90% Gen X bersedia membayar 10% lebih untuk produk berkelanjutan dibandingkan dua tahun sebelumnya hanya 34%. Terutama proyeksi 2030, Gen Z mewakili 27% pendapatan dunia yang melampaui melenial pada tahun 2031, disebabkan Gen Z mendukung nilai-nilai berkelanjutan. Tentunya ini adalah peluang potensial yang berharga demi memperoleh nilai-nilai ekonomi yang inklusif dan pemberdayaan kolektif. Sebagi upaya dalam mewujudkannya, PkM ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya green marketing, penerapan strategi green marketing yang efektif, dan menanamkan nilai-nilai perilaku green marketing. Metode yang digunakan dalam menghasilkan fokus tujuan PkM ini adalah ceramah, diskusi dan workshop pembuatan kreasi barang bekas terhadap Ibu-ibu PKK. Hasil yang diperoleh adalah Ibu-ibu PKK memiliki pengetahuan tentang green marketing, manfaat dan arti penting dari strategi green marketing dan menyadari pentingnya menanamkan nilai-nilai perilaku green marketing. Akhirnya, kunci penerapan strategi green marketing adalah: (a) desain yang ramah lingkungan, (b) penentuan posisi yang ramah lingkungan, (c) harga produk yang ramah lingkungan, (d) kemasan yang ramah lingkungan, dan (e) pembuangan yang ramah lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Apriani, H., Purnengsih, I., & Iswari, F. (2020). Rancangan Poster oleh Pengrajin Botol Plastik Bekas di Perumahan Adiwira Persada Kecamatan Cibinong. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat Vol, 3(03).
Barnett, M. L. (2019). The business case for corporate social responsibility: A critique and an indirect path forward. Business & Society, 58(1), 167–190.
Fraj, E., Martínez, E., & Matute, J. (2011). Green marketing strategy and the firm’s performance: the moderating role of environmental culture. Journal of Strategic Marketing, 19(4), 339–355.
Hamdan, H., Marlapa, E., & Raharja, I. (2024). Kewirausahaan Hijau Sebagai Solusi Inovatif Keberlanjutan Lingkungan di Kelurahan Meruya Utara. Jurnal SOLMA, 13(2), 1056–1065. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.14721
Hamdan, H., Imaningsih, E. S., Ali, H., Raharja, I., & Ilhamalimy, R. (2022). Green fashion concept approach to MSMEs’ sustainable green development. Riau Journal of Empowerment, 5(3), 149-161. https://doi.org/10.31258/raje.5.3.149-161
Hamdan, H., Samudro, A., Kurniawan, D., & Sadikin, M. R. (2021). Meningkatkan volume penjualan online melalui strategi packaging di kelurahan Kembangan Utara. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 7(1), 85–93. https://doi.org/10.22441/jam
Huie, C. P., Cassaberry, T., & Rivera, A. K. (2020). The impact of tacit knowledge sharing on job performance. International Journal on Social and Education Sciences, 2(1), 34–40.
Izzatillah, M., Hermawati, M., & Wulandari, S. (2022). Menjadi Womenpreneur dengan Cerdas Bersosial Media untuk Mengembangkan UMKM. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 502–511.
Juhanda, A., & Makiyah, A. (2023). Pendampingan Pengelolaan Sampah Organik Melalui Maggot dan Penerapan Perilaku Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) di Kota Sukabumi. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 672–680.
Juniawan, F. P., Mayasari, M. S., Pradana, H. A., Tommy, L., & Sylfania, D. Y. (2023). Pelatihan Digital Marketing Guna Meningkatkan Kompetensi Masyarakat Desa Kace Timur, Bangka. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 17–25.
Mnctrijaya.com. (2023). Program Pengabdian Masyarakat, UMB Berikan Edukasi Usaha Pemanfaatan Barang Bekas. Mnctrijaya.Com. https://www.mnctrijaya.com/news/detail/58101/program-pengabdian-masyarakat-umb-berikan-edukasi-usaha-pemanfaatan-barang-bekas
Muliyani, N., Sunarmintyastuti, L., Theodora, B. D., & Marti’ah, S. (2019). Pelatihan Pembuatan Produk Hiasan dengan Limbah Kain Perca di Kelurahan Pangkalan Jati Kota Depok. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 142–147.
NIQ. (2018). Was 2018 the year of the influential sustainable consumer? NielsenIQ News. https://nielseniq.com/global/en/insights/analysis/2018/was-2018-the-year-of-the-influential-sustainable-consumer/
Peattie, K. (2016). Green marketing. In The marketing book (pp. 595–619). Routledge.
Petro, G. (2022). Consumers Demand Sustainable Products And Shopping Formats. Forbes. https://www.forbes.com/sites/gregpetro/2022/03/11/consumers-demand-sustainable-products-and-shopping-formats/?sh=6cfc1a476a06
Ramjeawon, P. V., & Rowley, J. (2017). Knowledge management in higher education institutions: enablers and barriers in Mauritius. The Learning Organization.
Ramli, Y., Asih, D., & Soelton, M. (2020). Green Marketing That Influence Customer Purchase Decision Based On Their Behavior And Attitude. Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 3(1), 14. https://doi.org/10.22441/jdm.v3i1.10141
Rosini, R., Kurnianingsih, I., & Erza, E. K. (2022). Pemberdayaan Perekonomian Ibu PKK Desa Ciseeng dengan Pelatihan Kerajinan Decoupage dan e-Marketing. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 86–95.
Sari, I. Y., Alam, B. P., & Triharto, W. (2022). Perencanaan Konsep Desain Daur Ulang Plastik Untuk Bahan Bangunan. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 371–378.
Soelton, M., Rohman, F., Asih, D., Saratian, E. T. P., & Wiguna, S. B. (2020). Green Marketing That Effect the Buying Intention Healthcare Products. European Journal of Business and Management, 12(15), 1–8. https://doi.org/10.7176/ejbm/12-15-01
UMBNews. (2016). Program CSR Mampu Jaga Keberlanjutan Ekonomi. Universitas Mercu Buana. https://www.mercubuana.ac.id/en/umb-news/program-csr-mampu-jaga-keberlanjutan-ekonomi
Wibowo, A., Wahyudi, W., & Utari, D. R. (2022). Media Sosial Sebagai Solusi Pemasaran Umkm Yang Adaptif Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(6), 558–566.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i5.16978
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.