Pelatihan Flipped Classroom dalam Implementasi Education 4.0

Afifah Trista Ayunda(1), Wahyu Tisno Atmojo(2*)

(1) Universitas Pradita
(2) Universitas Pradita
(*) Corresponding Author

Abstract


Penyelarasan Pendidikan dengan kemajuan teknologi menuntut guru SMK Immanuel Pontianak untuk mampu meningkatkan pemahaman dalam menerapkan berbagai metode dan tools untuk merubah proses pembelajaran yang tradisional, pasif, dan cenderung membosankan menjadi lebih menyenangkan. Tujuan utama dari Pendidikan 4.0 adalah mengintegrasikan berbagai bentuk teknologi informasi ke dalam pembelajaran di kelas. Hal tersebut diperlukan agar anak didik nantinya siap untuk menghadapi era digital yang akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Flipped Classroom merupakan salah satu bentuk implementasi konsep education 4.0 yang saat ini dapat kita lakukan. Guru sebagai salah satu komponen dalam pembelajaran memiliki tugas untuk dapat menyampaikan materi pembelajaran yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 14-15 Juni 2021 ditujukan kepada guru SMK Immanuel Pontianak dengan tujuan untuk memperkenalkan implementasi flipped classroom dalam rangka menerapkan konsep Pendidikan 4.0. Kegiatan dilaksanakan dengan metode ceramah secara daring dan kuisioner untuk mengetahui tingkat pemahaman. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman guru dalam menggunakan berbagai macam teknologi yang nantinya sangat berguna dalam melaksanakan Pendidikan 4.0 sehingga peserta didik akan siap menghadapi era digital. Hasil evaluasi kegiatan dilaksanakan dengan menyebarkan kuisioner dengan hasil sebesar 84 % dari 57 guru menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mereka.

 


Keywords


Education 4.0, Flipped Classroom, Teknologi Informasi, Era Digital, Pembelajaran

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akçay?r, G., & Akçay?r, M. (2018). The flipped classroom: A review of its advantages and challenges. Computers and Education, 126, 334–345. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.07.021

Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65

Farida, R., Alba, A., Kurniawan, R., & Zainuddin, Z. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Taksonomi Bloom Pada Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 104. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p104--122

Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94

Kustian, N., Ningsih, R., & Hapsari, A. T. (2021). Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Pada Bimbingan Belajar FM 13 Bekasi. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(03). https://www.bbc.com/indonesia/majalah-46500293

Lubis, M. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264

Lukum, A. (2019). Pendidikan 4.0 Di Era Ggenerasi Z: Tantangan Dan Solusinya. Pros.Semnas KPK, 2, 13.

Mantik, H. (2022). Revolusi Industri 4.0: Internet of Things, Implementasi Pada Berbagai Sektor Berbasis Teknologi Informasi (Bagian 1). JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 9(2), 41–49.

Nengsih, R., & Hikmah, N. (2023). Mengenal Flipped Classroom sebagai Salah Satu Solusi dalam Blended Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 3(1), 78–87.

Pratidhina, E. (2020). Education 4.0: Pergeseran pendidikan sebagai konsekuensi revolusi industri 4.0. Humanika, 20(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/hum.v20i1.29290

Purba, N., Yahya, M., & Nurbaiti. (2021). Revolusi Industri 4.0: Peran Teknologi Dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis dan Implementasinya. 9(2), 91–98.

Sudrajat, Y., & Atmapratiwi, H. (2021). Pelatihan Penggunaan Blended Learning Melalui Model Flipped Classroom. Abdimas, 25(1), 17–21. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Susanti, L., & Hamama Pitra, D. A. (2019). Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Health & Medical Journal, 1(2), 54–58. https://doi.org/10.33854/heme.v1i2.242

Yunus, M., & Mitrohardjono, M. (2020). Pengembangan Tehnologi Di Era Industri 4.0 Dalam Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar Islam Plus Baitul Maal. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, Vol 3(No. 2), 129–138. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.129-138




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i3.16429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.