Peningkatan Keterampilan Mahasiswa dalam Membaca Label Informasi Nilai Gizi Menggunakan Media Booklet Digital

Indah Yuliana(1*), Indah Purnama Sari(2), Fatmalina Febry(3)

(1) Sriwijaya University
(2) Universitas Sriwijaya
(3) Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurangnya perhatian masyarakat dalam membaca label informasi nilai gizi pada produk kemasan dapat berdampak buruk pada kesehatan, salah satunya terjadi pada kalangan mahasiswa. Mahasiswa dapat membaca label informasi nilai gizi agar tidak mengkonsumsi suatu zat gizi tertentu secara berlebihan, yang mana bisa berdampak pada kelebihan gizi atau malah kekurangan zat gizi tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam membaca label informasi nilai gizi dengan menggunakan booklet digital. Kegiatan ini dilakukan pada mahasiswa yang berjumlah 31 orang dengan menggunakan media zoom cloud meeting dan e-booklet.  Secara umum, edukasi dan praktek membaca label informasi nilai gizi dinilai berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pengetahuan peserta saat dilakukan pre-test dan post-test serta kemampuan mengerjakan contoh kasus pada saat evaluasi tambahan. Dari hasil kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan membaca label informasi nilai gizi ini dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam pengaturan pola makan.

Keywords


informasi nilai gizi, mahasiswa, booklet

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Assabila, Sefrina. (2022). Kajian pustaka: penggunaan media digital sebagai alternatif media pendidikan gizi pada remaja di masa pandemi COVID-19. Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan 16(1): 118-125.

Arsenault, J. E. (2010). Can nutrition labeling affect obesity? Choices, 25(3). https://www.choicesmagazine.org/UserFiles/file/article_140.pdf.

Balitbangkes Kemenkes Ri. (2019). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Balitbangkes

Christoph MJ, Ruopeng An, Ellison B. (2015). Correlates of nutrition label use among college students and young adults: a review. Public Health Nutrition, 19(12), 2135–2148. https://doi.org/10.1017/S1368980015003183.

Grunert KG, Wills JM, Fernandez-Celemin L. 2010. Nutrition knowledge, and use and understanding of nutrition information on food labels among consumers in the UK. Elsevier Appetite 55: 177-189.

Illavina, Kusumaningati W. (2022). Pengaruh edukasi pembacaan label informasi nilai gizi dengan media slide powerpoint terhadap pengetahuan siswa SMA Kota Depok. Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science 3(1): 27-35.

Kemenkes RI. (2014). Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Kemenkes RI.

Miller LMS, Beckett LA, Gibson TN. (2017). Developing Nutrition Label Reading Skills: A web-based practice approach. Journal of Medical Internet Research 19(1): e16.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Pedoman Gizi Seimbang

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label Dan Iklan Pangan.

Safitri DE, Rahayu NS. (2018). Pengaruh edukasi literasi label pangan terhadap pengetahuan siswa sekolah menengah pertama. ARGIPA 3(2): 91-95.

Setyawati VAV, Herlambang BA. (2015). Model edukasi gizi berbasis e-booklet untuk meningkatkan pengetahuan gizi ibu balita. Jurnal Informatika UPGRIS 1: 86-94.

Syawitri WA, Sefrina LR. (2022). Pengaruh media, pendidikan gizi dan lingkungan sebagai penunjang kesadaran dalam pemilihan makanan. Journal of Nutrition College 11(3): 197-203.

Ukegbu PO. (2016). Consumers' knowledge, attitude, and use of food labels in an urban city in southeast nigeria. Advances in Nutrition 7: 22A.

Widiarini A, Sahputri DL. (2018). Masih banyak masyarakat tak peduli kandungan gizi pada makanan. https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1084141-masih-banyak-masyarakat-tak-peduli-kandungan-gizi-pada-makanan. Diakses pada: 31 Januari 2023.

Yunieswati W, Kurhargina R, Rizqiya F. (2022). Edukasi gizi berbasis teknologi untuk peningkatan pengetahuan gizi dan antioksidan pada remaja. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan 18(1): 69-77.

Zahara S, Triyanti. (2009). Kepatuhan membaca label informasi zat gizi di kalangan mahasiswa. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 4(2), 78-83.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i3.16370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.