Pelatihan Dasar Penggunaan Microsoft Powerpoint di MTS Asyafi’iyah 04 Jakarta

Olipa Sarta Matilda Purba(1*), Arie Gunawan(2), Endah Tri Esthi Handayani(3)

(1) Universitas Terbuka
(2) Universitas Nasional
(3) Universitas Nasional
(*) Corresponding Author

Abstract


Tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi suatu negara tidak diragukan lagi tidak dapat dipisahkan dari keberhasilan sistem pendidikannya dari waktu ke waktu. Tahapan perubahan diantisipasi untuk mendorong negara maju lebih cepat. Pendidikan nonformal dapat membantu siswa mencapai tingkat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sama dengan pendidikan formal. Salah satu prakarsa Tri Darma Perguruan Tinggi di Universitas Nasional Jakarta adalah pengabdian masyarakat yang pelaksanaannya diawasi oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat di sana. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini juga bertujuan untuk mengedukasi siswa MTS Asyafi'iyah 04 Cilangkap Jakarta Timur tentang bagaimana menggunakan Microsoft PowerPoint untuk membuat presentasi yang menarik. Setelah dilakukan pelatihan PowerPoint, para peserta mengalami peningkatan pemahaman, seperti yang sebelumnya belum memahami tools PowerPoint, memasukkan teks, gambar, suara dan video serta mengatur effect dan background kini sudah meningkat di atas 60%.


Keywords


pelatihan; siswa-siswi; power point; pkm; praktek

Full Text:

PDF

References


Amrina, D. E., Jaenudin, R., Fatimah, S., & Mardetini, E. (2019). Pelatihan Media Powerpoint Slide Master Berbasis Pembelajaran Kolaboratif Di Sma Kelurahan Bukit Lama Palembang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 1–18. https://doi.org/10.21009/jpmm.003.01.01

Arif, E., Suryadi, A., Nurdiana, D., Julianti, E., & Nursantika, D. (2022). Optimasi Penggunaan Microsoft Office Untuk Guru Di Smpn 2 Pakuhaji Kabupaten Tangerang. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1A), 15–25. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1a.2225

Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Erpidawati, N. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Google Drive dan Blogs bagi pengawas sekolah dasar. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 330–334.

Gunawan, A. (2021). PELATIHAN ANDROID STUDIO UNTUK MENINGKATKAN. 04(05), 451–459.

Lintang Citra Christiani, P. (2021). Pengembangan Kemandirian Kelompok Difabel melalui pemanfaatan Pemasaran Digital di Kota Magelang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 276–286.

Mulyani, F. (2017). Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(1), 1–8.

Setyowati, E., & Permata, A. (2018). Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 143.

Suryana, Taryana, & Koesheryatin. (2014). Mengenal Microsoft Office 2013. PT. Elex Media Komputindo.

Sutarsih, E., & Misbah, M. (2021). Konsep Pendidikan Profesional Perspektif Undang-Undang tentang Guru dan Dosen. Jurnal Kependidikan, 9(1), 69–82.

Yusri Ikhwani, H. (2015). Pelatihan Aplikasi Microsoft Word 2013 pada SMP H.A. Hohansyah A Banjarmasin. Jurnal Al-Ikhlas, 11–14.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i1.15558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.