PEMANFAATAN TEKNOLOGI INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PROMOSI SEKOLAH
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Belajar merupakan suatu bentuk usaha untuk mendapatkan perubahan menuju tingkat kemampuan ilmu pengetahuan, ketrampilan dan kepribadian yang lebih baik. Dengan demikian setiap usaha menuju perubahan tersebut harus dilakukan dengan cara yang tepat dan konsisten sehingga terbentuk pola peningkatan kualitas dari setiap individu. Teknologi berbasis android menjadi hal yang menarik untuk dijadikan sebagai alat bantu pembelajaran. Berdasarkan studi literatur ditemukan bahwa pengguna platform android terbesar adalah pada anak dengan usia sekolah. Hal ini menjadi latar belakang tujuan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan di Sekolah Nurul Fitri, antara lain: 1) Meningkatkan pengetahuan guru dalam kegiatan belajar mengajar melalui teknologi interaktif. 2) Sosialisasi beberapa aplikasi edukasi untuk membantu guru melakukan pengajaran secara langsung atau tidak langsung yang dapat menimbulkan minat siswa untuk berkompetesi dengan lebih baik dan menarik 3) Berbagi pengetahuan kepada guru dan manajemen sekolah untuk menggunakan media sosial android sebagai alat bantu promosi kegiatan sekolah kepada seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat luas dengan efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
“Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet di Indonesia.” [Online]. Available: https://apjii.or.id/survei. [Accessed: 05-Jun-2022].
I. Mutia, Y. Yulianingsih, and W. N. Cholifah, “Tata Kelola Media Sosial sebagai Pendukung Peningkatan Daya Jual Produk Industri Rumahan,” J. PkM Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 01, p. 56, 2019.
A. Setiadi, “Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi,” J. Ilm. Matrik, vol. 16, no. 1, 2014.
A. Yulianti and E. Ekohariadi, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar,” J. IT-EDU, vol. 5, no. 1, pp. 527–533, 2020.
N. Arnesti and A. Hamid, “Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris,” J. Teknol. Inf. Komun. Dalam Pendidik., vol. 2, no. 1, 2015.
W. Syafitri, “Pelatihan Branding Sekolah Pada Sosial Media di SMP IT Madani,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 158–166, 2019.
S. Hamid, J. Waycott, S. Kurnia, and S. Chang, “Understanding students’ perceptions of the benefits of online social networking use for teaching and learning,” Internet High. Educ., vol. 26, pp. 1–9, Jul. 2015.
Y. Desnelita, G. Gustientiedina, W. Susanti, D. Nasien, and R. Noratama Putri, “Pkms Pelatihan Desain Grafis Menuju Wirausaha Bagi Pemuda Rt.03 Rw.04 Kelurahan Umban Sari,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 266–272, 2019.
ita Suryani, “Jurnal komunikasi, ISSN 1907-898X Volume 8, Nomor 2, April 2014,” Pemanfaat. Media Sos. sebagai Media Pemasar. Prod. dan Potensi Indones. dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Soc. Media Mark. Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Faceb. Disparbud Provinsi Jawa Barat), vol. 8, no. April 2014, pp. 123–138, 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i5.14294
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.