Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru-Guru melalui Pelatihan Pembelajaran Kolaboratif di MA Nurul Islam Silo Jember

Bea Hana Siswati(1*), Suratno Suratno(2), Slamet Hariyadi(3)

(1) Universitas Jember
(2) Universitas Jember
(3) Universitas Jember
(*) Corresponding Author

Abstract


Menjadi seorang guru memiliki kewajiban memiliki 4 kompetensi guru, diantaranya kompetensi pedagogik, kompetensi, kompetensi professional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian.Salah satu kompetensi yang berperan dalam pengelolaan kelas adalam kompetensi pedagogik. Sebagai seorang guru hendaknya selalu update ilmu pengetahuan dan bagaimana pengelolaan kelas masa kini. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan serta update ilmu terkait jenis-jenis pembelajaran yang up to date, yang dapat diterapkan selama proses pembelajaran. Adapun metode dalam kegiatan ini adalah Diskusi presentasi dan simulasi pembelajaran kolaboratif melalui video pembelajaran. Evaluasi keberhasilan dari program pengabdian ini dilakukan dengan penyebaran kuisioner setelah dilakukannya kegiatan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah adanya respon positif yang diberikan guru-guru terhadap kegiatan penelitian dan kemampuan guru yang bertambah dengan adanya pelatihan pembelajaran kolaboratif.


Keywords


Kompetensi Pedagogik; Guru MA; Pembelajaran Kolaboratif

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Astriani, M.M. & Alfahnum, M. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 05 (03), 326-332.

Austin, J. E. (2000). Principles for Partnership. Journal of Leader to Leader. 18 (Fall), 44-50.

Baker, T., & Clark, J. (2010). Cooperative learning – a double-edged sword: A cooperative learning model for use with diverse student groups. Intercultural Education, 21, 257–268.

Gillies, R., & Boyle, M. (2010). Teachers’ reflections on cooperative learning: Issues of implementation. Teaching and Teacher Education, 26, 933–940.

Harmer, J. (2010). How to Teach English. England: Pearson Education Limited.

Hotaman, D. (2010). The teaching profession: knowledge of subject matter, teaching skills and personality traits. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 1416-1420.

Jahiriansyah. (2013). Peran Kepala Sekolah Sebagai Pendidik Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2 (10), 1-16. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i10.3591.

Johnson, D.W. & Johnson, R.T. (2009). An Educational Psychology Success Story: Social Interdependence Theory and Cooperative Learning. Journal of Educational researcher, 38(5), 365-379.

Leonard, P. E., & Leonard, L.J. (2001). The collaborative prescription: Remedy or reverie? International Journal of Leadership in Education, 4(4); 383–99.

Martina, F., Syafryadin, J. S., & Rakhmanina, L. (2020). Novice teacher’s pedagogical content knowledge (PCK) in teaching English for young learners. Journal of Critical Reviews, 7 (14), 1472-1476.

Retnowati, E., Ayres, P., & Sweller, J. (2016). Can Collaborative Learning Improve the Effectiveness of Worked Examples in Learning Mathematics?. Journal of Educational Psychology. Advance online publication. http://dx.doi.org/10.1037/edu0000167.

Wiwi. (2016). An Analysis of teachers? pedagogical competence in teaching English for young learners. Cirebon.

Woods, D.M. & Chen, K.C. (2010). Evaluation techniques for cooperative learning. International Journal of Management & Information Systems, 14(1), 1-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i1.13885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.