Pelatihan Pembuatan Soal Menggunakan Microsoft Paint di PAUD al Ikhlas Kota Depok

Rini Widia Putri Z(1*), Purni Munah Hartuti(2), Roni Al Maududi(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan pelatihan yang diadakan tim pelaksanaan pengabdian kepada masayarakat adalah untuk membantu para guru di PAUD KB Yayasan Al Ikhlas Kota Depok untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Adapun pemanfaatan teknologi yang dijadikan materi pelatihan adalah penggunaan software Microsoft Paint untuk membuat soal latihan atau ujian. Pelatihan dilaksanakan secara online karena selama pandemi pihak sekolah tidak memberi izin untuk mengadakan kegiatan di lingkungan sekolah.  Pelatihan dilakukan melalui aplikasi Zoom dari kediaman masing-masing. Metode pelaksanaan pelatihan adalah persentasi dan diskusi. Materi pelatihan disampaikan dengan mempresentasikan modul penggunaan Microsoft Paint yang sudah dipersiapkan tim pengabdian dan dibagikan pada peserta. Materi pelatihan dibagi menjadi beberapa bagian dan presentasinya juga dibagi beberapa sesi. Setiap sesi akan dipisahkan oleh waktu untuk mempraktikkan materi bagi peserta. Hal ini dilakukan agar pelatihan tidak berjalan monoton. Semua peserta diberikan kesempatan menggambar, mewarnai, dan beresksplorasi sesuai materi yang dibahas  dan diperbolehkan bertanya jika ada kendala pada proses praktik tersebut. Pelatihan dapat berjalan lancar walaupun terdapat beberapa kendala karena pelatihan yang dilakukan secara online.  


Keywords


pembuatan soal, pelatihan Microsoft Paint

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Febrialismanto, F., & Nur, H. (2020). Kemampuan Guru Menggunakan TIK Untuk Pengembangan di Taman Kanak-Kanak. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 101. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.8296

Mahyudin, M. (2020). Peran Media Pembelajaran Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Provinsi Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 60. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i1.869

Marisa, & Setiawan, D. (2016). Kompetensi Guru Dalam Pemanfaatan Komputer Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) Viii, November, 455–466.

Syarah, M. (2017). Pengelolaan media pembelajaran anak usia dini di tk sambinoe takengon aceh tengah skripsi. 1–127.

Zulfa Afifah D, P. H. (2019). Pembelajaran Integratif Microsoft Paint dalam Mata. 3(3), 200–208. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/download/123/167




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i4.13687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.