Branding UKM untuk Meningkatkan Nilai Produk: Hasil Kolaborasi dengan Aliansi Kuliner Indonesia dan Selow Food

Indah Tjahjawulan(1*)

(1) Institut Kesenian Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan usaha kecil menengah (UKM) khususnya yang bergerak di bidang kuliner terus bertumbuh, menghasilkan ribuan merk (brand) produk kuliner. Namun sayangnya tidak dibarengi dengan kesadaran para pelaku UKM untuk membangun merk (branding) yang baik, sehingga banyak kemiripan satu dengan yang lain, yang membuat konsumen sulit untuk membedakannya. Oleh karena itu Prodi DKV IKJ berupaya membantu UKM tersebut membangun merk sebagai bagian dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang terintegrasi dengan mata kuliah Kolaborasi Desain Komunikasi Visual. Untuk mendapatkan data UKM yang akan dibantu, Prodi DKV IKJ bekerjasama dengan lembaga Pembina UKM, yaitu Aliansi Kuliner Indonesia dan Selow Food yang membantu mengkurasi 24 UKM yang dianggap paling membutuhkan. Hasilnya adalah mahasiswa secara berkelompok  mampu berkolaborasi membangun merk 24 UKM tersebut, mulai dari pengembangan identitas,  kemasan, media promosi sampai kepada media pemasaran, yang dapat langsung dimanfaatkan oleh para UKM tersebut untuk meningkatkan nilai produk.

Keywords


UKM; brand; branding; kolaborasi

Full Text:

PDF

References


Christy, F. E. (2021). Jumlah UMKM di Indonesia. Diunduh dari https://data.tempo.co/read/1111/jumlah-umkm-di-indonesia

Haryanti, D. M. dan Hidayah, I. (2018). Potret UMKM Indonesia: Si Kecil yang Berperan Besar. Diunduh dari https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/62

Jayani, D. H. (2021). UMKM Indonesia Bertambah 1,98% pada 2019. Diunduh dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/12/umkm-indonesia-bertambah-198-pada-2019

John-Steiner, V. (2004). Creative Collaboration. United Kingdom : Oxford University Press.

Neumeier, M. (2003). The Brand Gap, New Riders Publishing

O'Grady, J. V., & O'Grady, K. V. (2017). A Designer's Research Manual, Updated and Expanded: Succeed in Design by Knowing Your Clients and Understanding what They Really Need. Rockport Publishers.

Peraturan BPK. 2008. Diunduh dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39653/uu-no-20-tahun-2008

Sudaryono. 2019. Metode Peneltian kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method. Depok: Rajawali Pers




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i3.12958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.