UPAYA MENINGKATKAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS DI SD NEGERI 030323 BUKIT TINGGI

Bajongga Silaban(1*), Monica Limbong(2), Ivana Simanungkalit(3), Viriska Winda S. Silaban(4), Afriyanti Pakpahan(5), Layasina Simbolon(6)

(1) Universitas HKBP Nommensen Medan
(2) Universitas HKBP Nommensen Medan
(3) Universitas HKBP Nommensen Medan
(4) Universitas HKBP Nommensen Medan
(5) Universitas HKBP Nommensen Medan
(6) Universitas HKBP Nommensen Medan
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh tim FKIP Universitas HKBP Nommensen sebagai salah satu bagian dari Tri Dharma Pendidikan Tinggi dilakukan secara serentak mulai tanggal 02 sampai dengan 26 Februari 2022. Salah satu lokasi tempat yang dipilih yaitu di SD Negeri 030323 Bukit Tinggi, kecamatan Pegagan Hilir, kabupaten Dairi berbentuk bimbingan belajar kepada peserta didik. Sasaran kegiatan yang dilaksanakan adalah pembimbingan bahasa indonesia yang baik dan benar. Selain itu juga membimbing dalam penguasaan bahasa inggris yang sangat diperlukan seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Berdasarkan observasi yang dilaksanakan sebelum kegiatan ini dilaksanakan, peserta didik masih banyak yang tidak menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar di saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini merupakan dampak kebiasaan penggunaan bahasa daerah pada kehidupan sehari–hari dan lingkungan keluarga sehingga terbawa-bawa ke sekolah. Berangkat dari hasil observasi tersebut, peserta PkM bersama guru-guru dan peserta didik melakukan terobosan baru dengan memaksimalkan penggunaan bahasa indonesia melalui bimbingan yang dilaksanakan di dalam dan di luar lingkungan sekolah. Selama kegiatan berlangsung, peserta didik sebagai sasaran PkM sangat antusias, karena tim menggunakan pendekatan secara humanistis baik di sekolah maupun di luar sekolah sesuai dengan jadual yang telah ditetapkan. Di sela-sela kesibukan pembimbingan penguasaan bahasa, tim juga memanfaatkan waktu untuk mengarahkan mereka dalam kegiatan 7K (keamanan, kebersihan, kekeluargaan, keimanan, kerindangan, kerapihan, dan keindahan). Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa rata-rata peningkatan peserta didik berbahasa indonesia dan bahasa inggris masing-masing 85,55% (sangat baik) dan 62,62% (sedang). Peningkatan yang paling menonjol penguasaan bahasa indonesia dan bahasa inggris dialami para peserta didik  kelas V dan kelas VI, hal ini karena perkembangan kognitif yang lebih tinggi tingkatannya..

 

 


Keywords


Bimbingan Belajar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ariningsih, Nur, E., Sumarwati., & Kundharu, S. (2012). Analisis Kesalahan Bahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Menengah Atas. Jurnal BASASTRA 1 (1), 40-53.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2019 tanggal 30 September 2019

Slameto. (2005). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Salatiga: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. (2008). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i2.12798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.