PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DENGAN METODE ACTION RESEARCH BERBASIS DARING

Rina Husnaini Febriyanti(1*), Hanna Sundari(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di SMAN 21 Bekasi bertujuan untuk memberikan pelatihan mengenai penulisan artikel ilmiah dengan metode Action Research (AR) berbasis daring. Kegiatan yang dilakukan selain memberikan penjelasan secara teoritikal dan praktikal, juga di perdetail dengan memberikan penjelasan tentang bagaimana mengaplikasikan penulisan artikel ilmiah dengan metode AR. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan berupa pelatihan untuk para guru yang mengajar di SMAN 21 Bekasi. Dalam pelatihan tersebut juga dilakukan simulasi atau praktik secara langsung setiap tahapan atau siklus dalam penulisan artikel ilmiah dengan metode AR. Metode yang digunakan dalam pelatihan kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode Community Language Learning yaitu metode saling berbagi informasi dan berdiskusi serta saling berbagi pengalaman sebgaimana konsultan dan klien. Implikasi dari kegiatan PKM ini mengupayakan bagi para guru khususnya di SMAN 21 Bekasi untuk meningkatkan motivasi dan minat dalam penelitian dan penulisan artikel ilmiah.


Keywords


Penulisan Artikel Ilmiah, Metode Action Research, Berbasis Daring

Full Text:

PDF

References


Broughton, G., Brumfit, C., Flavell, R., Hill, P., & Pincas, A. (2003). Teaching English as a Foreign Language. Routledge.

Brown, H. D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching Fifth Edition. In Language. Pearson Education. https://doi.org/10.2307/414380

Costello, P. J. M. (2011). Effective Action Research 2nd Edition Developing Reflective Thinking and Practice. Continuum International Publishing Group.

Creswell., J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (P. A. Smith (ed.); 4th ed.). Pearson Education, Inc.

Denscombe, M. (2007). The Good Research Guide: for small-scale social research, Third Edition. Open University Press.

Harmer, J. (2007). How to teach English. Pearson Education Ltd.

Kumaravadivelu, B. (2005). Understanding language teaching: From method to postmethod. https://doi.org/10.4324/9781410615725

L.R.Gay, Mills, G. E., & Airasian, P. (2012). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications (10th Ed.). Pearson Education, Inc.

Larsen-Freeman, D. (2008). Techniques and Principles in Language Teaching (2nd ed.). Oxford University Press. http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0889490601000060

Mertler, C. A. (2017). Action Research Improving Schools and Empowering Educators Fifth Edition. Sage Publications Ltd.

Norton, L. S. (2009). Action Research in Teaching and Learning. Routledge.

Rodgers, J. C. R. and T. S. (2014). Approaches and Methods in Language Teaching (Third Edition). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1093/elt/ccw083

Spaulding, D. T., & Falco, J. (2013). Action Research for School Leaders. Pearson Education Ltd.

Surkamp, C., & Viebrock, B. (2018). Teaching english as a foreign language: An introduction. In Teaching English as a Foreign Language: An Introduction. Springer Nature.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i6.11737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.