Revitalisasi Area Wudhu TK RA Persis 106 di Jakarta Pusat

Sega Purnama(1*), Rafi Mentari(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


TK RA Persis 106 adalah Taman Kanak-kanak yang berada di wilayah permukiman padat di Jakarta Pusat, dimana mayoritas para siswa dan siswi adalah warga sekitar. TK RA Persis memiliki area lahan sebesar 300 m2 dengan luas bangunan sebesar 200 m2 setinggi satu (1) lantai sudah cukup memadai bagi kurang lebih 60 siswa/siswi muslim. Tidak hanya digunakan sebagai sarana Pendidikan, namun sebagian area luar (area lapangan dan area wudhu) digunakan untuk pemotongan sapi qurban pada Idul Adha.  Area wudhu tersebut tidak hanya digunakan dalam penunjang aktivitas ibadah siswa/siswi sebagai salah satu pembentukan karakter, namun juga digunakan sebagai area yang mendukung kegiatan pemotongan kurban pada saat Idul Adha. Keran-keran air pada area wudhu disambungkan dengan selang, dimana aliran air membantu proses pembersihan darah binatang kurban secara maksimal. Area wudhu dengan luasan sekitar 3 m2 yang sebenarnya kurang memadai bagi seluruh siswa/siswi muslim di sekolah ini yang mencapai kurang lebih 10 guru, 1 OB, dan 60 murid. Bila aktivitas praktek wudhu sedang dilaksanakan, mau tidak mau, siswa/siswi yang hendak belajar harus mengantri dan belajar wudhu secara berdempetan, sehingga aktivitas maupun proses belajar wudhu menjadi tidak efisien. Melihat kondisi tersebut,  kami sebagai tim pengabdian masyarakat Universitas Indraprasta PGRI telah berdiskusi dengan Ketua Yayasan beserta guru-guru TK RA Persis 106 Jakarta Pusat dan bergerak untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan judul “Revitalisasi area wudhu TK RA Persis 106 di Jakarta Pusat”.


Keywords


Tempat Wudhu;Taman Kanak-kanak;Revitalisasi

Full Text:

PDF

References


BPHN. (1990). Retrieved February 2020, from PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 27 TAHUN 1990 TENTANG PENDIDIKAN PRASEKOLAH: http://www.bphn.go.id/data/documents/90pp027.pdf

Pendidikan Dan Pengajaran. (2020). Retrieved February 2020, from https://wawasanpengajaran.blogspot.com/2015/01/pengertian-tk-taman-kanak-kanak.html

College, N. (2014, Sept 18). Pengertian RA, Pengertian TK, Arti RA, Arti TK sehingga Apa perbedaan antara RA dengan TK. Retrieved February 2020, from https://nusagama.com/pengertian-ra-pengertian-tk-arti-ra-arti-tk-sehingga-apa-perbedaan-antara-ra-dengan-tk/

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). KBBI Daring. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. Diakses pada 15 Februari 2020 di https://kbbi.kemdikbud.go.id/.

Suparwoko, Woko. (2016). Standar Perancangan tempat Wudhu dan Tata Ruang Masjid. 10.13140/RG.2.1.3976.2000.

Reason, P., dan Bradbury, H. (2008). The Sage Handbook of Action Research: Participative Inquiry and Practice. Sage, CA. ISBN 978-1412920292




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i3.11473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.