Edukasi Peran Perguruan Tinggi dalam Pembentukan Generasi Emas bagi Anggota Remaja Masjid

Erna Megawati(1*), Priarti Megawanti(2), Ari Rivaldi(3), Santi Nugraha(4)

(1) UNIVERSITY OF INDRAPRASTA PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Remaja Masjid Sofwatul Ummah adalah organisasi. Remaja yang bersekertariat di Masjid Sofwatul Ummah di Kp. Prepet RT 007, RW 04, Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Organisasi periode 2019-2023 ini memiliki keanggotaan 30 orang yang rata-rata berusia 15-17 tahun. Berdasarkan hasil wawancara dengan mitra, Tim menemukan rendahnya minat anggota mitra untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Berdasarkan temuan tersebut maka Tim melaksanakan kegiatan edukasi bagi mitra guna meningkatkan pemahaman mitra mengenai peran perguruan tinggi dalam pembentukan generasi emas. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa ceramah dan diskusi secara sincronus virtual meeting. Mitra. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2021 yang diikuti oleh 11 anggota. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan minat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi yang ditunjukkan oleh angket sebelum dan sesudah kegiatan.


Keywords


Minat, Perguruan Tinggi, Generasi Emas

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afsar, B., Masood, M., & Umrani, W. A. (2019). The role of job crafting and knowledge sharing on the effect of transformational leadership on innovative work behavior. Personnel Review.

Ardila, A., Ridha, A., & Jauhari, A. H. (2014). Efektifitas metode diskusi kelompok dan metode ceramah terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja tentang perilaku seks pranikah. JUMANTIK: Jurnal Mahasiswa Dan Peneliti Kesehatan, 2(1). Retrieved from http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/JJUM/article/viewFile/156/130

Azim, S., Gale, A., Lawlor?Wright, T., Kirkham, R., Khan, A., & Alam, M. (2010). The importance of soft skills in complex projects. International Journal of Managing Projects in Business.

Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. ASCD.

Chen, H., Nunes, M. B., Ragsdell, G., & An, X. (2018). Extrinsic and intrinsic motivation for experience grounded tacit knowledge sharing in Chinese software organisations. Journal of Knowledge Management.

Dikti, D. (2010). Buku pedoman kerangka kualifikasi nasional indonesia. Edisi.

Dikti, D. (2020). Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri.

Haamann, T., & Basten, D. (2019). The role of information technology in bridging the knowing-doing gap: an exploratory case study on knowledge application. Journal of Knowledge Management.

Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. Bin, & Mohamad, M. M. B. (2011). The level of marzano higher order thinking skills among technical education students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121.

Ismi, I. (2019). Hubungan antara Pemahaman lbu Balita tentang Posyandu dengan Kesadaran dalam Mengikuti Kegiatan Posyandu Melati Suci V di Nagari Toboh Ketek Kabupaten Padang Pariaman. Universitas Negeri Padang. Retrieved from http://repository.unp.ac.id/25193/1/4_IRVANIA_ISMI_15005068_5829_2019.pdf

Istichomaharani, I. S., & Habibah, S. S. (2016). Mewujudkan peran mahasiswa sebagai “agent of change, social control, dan iron stock.” In Prosiding Seminar Nasioanal dan Call For Paper ke (Vol. 2, pp. 1–6). Retrieved from https://www.academia.edu/download/57686890/133.-ILMA-SURYA-ISTIQOMAHARANI-SANDRA-SUSAN-HABIBAH.pdf

Lee, P. (2019). Soft skills and University-Industry Technology Transfer. Research Handbook on Intellectual Property and Technology Transfer (2019, Forthcoming); UC Davis Legal Studies Research Paper Forthcoming.

Lombardi, R. (2019). Knowledge transfer and organizational performance and business process: past, present and future researches. Business Process Management Journal.

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung persada press.

Nonaka, I., & Nishihara, A. H. (2018). Introduction to the Concepts and Frameworks of Knowledge-Creating Theory. In Knowledge Creation in Community Development (pp. 1–15). Springer.

Panuntun, L. W. (2018). Optimalisasi Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Model Project Citizen Dalam Konteks Pembelajaran Abad 21. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/download/10004/6558

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan P. T. R. (2015). Standar Nasional Pendidikan TInggi.

Rainsbury, E., Hodges, D. L., Burchell, N., & Lay, M. C. (2002). Ranking workplace competencies: Student and graduate perceptions.

Rini, E. S. (2012). Hubungan tingkat pendidikan orang tua dan prestasi belajar siswa dengan minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan tahun ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/download/878/697

Solikhah, I. (2015). KKNI dalam kurikulum berbasis learning outcomes. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 12(1), 1–22. Retrieved from https://lingua.soloclcs.org/index.php/lingua/article/download/68/75

Ulfah, A. (2020). Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di masa pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 4). Retrieved from http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA/article/viewFile/3703/3666

Widaningsih, I. (2019). Strategi dan inovasi pembelajaran bahasa indonesia di era revolusi industri 4.0. Uwais Inspirasi Indonesia.

Yanthy, E., Sudiyono, R. N., Waruwu, H., Agistiawati, E., & Purwanto, A. (2020). Pengaruh soft skills dan hard skill terhadap inovasi guru sekolah islam. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 199–215. Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/download/4555/2131

Zhang, A. (2012). Peer assessment of soft skills and hard skills. Journal of Information Technology Education: Research, 11(1), 155–168.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i4.11297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.