Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Android di TK Ketilang PGRI Citeureup Bogor

Dewi Leyla Rahmah(1*), Een Juhriah(2)

(1) 
(2) Unindra
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menuntut seorang pendidik untuk dapat memahami dan mengaplikasikan teknologi dalam proses pembelajaran di kelas. Hal ini dilakukan dalam rangka menghadapi era industri 4.0 yang dapat dimaknai sebagai era digital. Integrasi teknologi dapat berupa pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran berbasis teknologi. Pelatihan yang diadakan bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan bagi tenaga pendidik dalam memberikan variasi dalam proses belajar mengajar di kelas. Pelatihan yang dilaksanakan menjelaskan tentang pentingnya menyusun bahan ajar bagi guru untuk memberikan pencerahan bagi siswa terhadap materi yang disampaikan di dalam kelas serta praktik membuat bahan ajar menggunakan berbasis android. Pada pelatihan ini dibantu dengan aplikasi Website2 APK Builder, HTML5 dimana guru akan diajarkanmembuat bahan ajar dari format PPT terlebih dahulu kemudian diconvert menjadi Apk sehingga dapatdiaplikasikan pada smarthpone. Kegiatan ini menggunakan metode pelatihan, dimana guru diberikan materi tentang pembuatan bahan ajar dan media pembelajaran berbasis teknologi dan dilanjutkan dengan praktik langsung. Luaran yang dihasilkan adalah Purwarupa berupa aplikasi media ajar dan artikel Jurnal. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini diharapkanguru dapat lebih aktif mengenal media ajar berbasis android sebagai pendamping dalam kegiatan mengajar. Kata Kunci: pelatihan, aplikasi, media ajar,website2APK

Keywords


Pelatihan, Aplikasi, Media Ajar, Website2APK

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aji R.H.S. Sosial & Budaya Syar-i. Salam Jurnal Vol 7 No.5 2020

M. Ardiwijaya,K.I.S, & Y. Christyono, (2015). Perancangan Game Edukasi Platform Belaar Matematika Berbasis Android menggunakan Construct 2, Transient: Jurnal Ilmiah teknik Elektro, Vol.4 (No.1), (128-133)

Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019). Penggunaan Aplen (Aplikasi Online) Sebagai Upaya Kemandirian Belajar Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 01)

Y. Bintoro and W. Pujiyono,(2015). Game Edukasi Pengenalan Transportasi dan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris untuk Taman Kanak-Kanak Menggunakan Flash (Studi Kasus : TK ABA Pokoh ). Issn, (6–8). Yudha, Y., & Ardhi, W (2017). Mudah membuat dan berbisnis.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i4.11251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.