Pemanfaatan Aplikasi Macromedia Flash Dan Aplikasi Office Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Animasi Guru HIMPAUDI Kecamatan Cilodong Depok

Fiqih Ismawan(1*), Rudi Prasetya(2), Heri Setiawan(3)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada artikel ini melaporkan perlunya memotivasi guru HIMPAUDI dalam proses pembelajaran dan membuat bahan ajar yang kreatif berbasis animasi menggunakan aplikasi macromedia flash dan aplikasi office. Penerapan metode pembelajaran berbasis IT dengan macromedia flash dan aplikasi office dalam kemajuan teknologi industri 4.0 membawa dampak positif di dunia pendidikan khususnya untuk pendidikan anak usia dini. Anak-anak usia dini sangat membutuhkan pelajaran yang inovatif untuk mendukung kemajuan teknologi informasi agar lebih kreatif melalui tenaga pendidik. Hal ini dilakukan demi terwujudnya guru yang berkompeten dan berkualitas, serta menguasai kompetensi pendagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian yang membawa dampak kualitas pendidikan dalam skala global. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka dapat dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat berupa pemanfaatan aplikasi macromedia flash dan aplikasi office berbasis animasi pada proses belajar mengajar. Tujuannya pengabdian kepada masyarakat agar guru agar dapat menyajikan materi berbasis animasi yang menarik sehingga dapat diminati oleh peserta didik dengan mudah dan menyenangkan, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran baru. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah memberikan tambahan wawasan dan bekal tentang pemanfaatan media aplikasi macromedia flash dan aplikasi office berbasis animasi pada proses belajar mengajar.


Keywords


animasi, macromedia flash, office, guru, sistem manajemen pembelajaran

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ismawan, F., Irfansyah, P., & Apriyani, D. D. (2019). Pengoptimalan Cloud Storage –Google Drive sebagai Media Pembelajaran untuk Guru SMP dan SMA. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 61. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2362

Ismawan, F., Isnain, N., & Raharjo, R. A. (2020). PEMANFAATAN WEBSITE BERBASIS CMS - WORDPRESS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GURU TK BINAKHEIR CIBINONG – BOGOR, 03(01), 68–77.

Keefektifan CTL Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Segiempat. (2013). Kreano - Jurnal Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, 4(1), 57–63. https://doi.org/10.15294/kreano.v4i1.2887

Lubis, B. S., & Syahputra Siregar, E. F. (2020). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 396. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3143

Safitri, M. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash Untuk Peserta didik Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, 14(2), 62–72.

Utami, I. W., & Rosyidi, A. H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology dengan Software Macromedia Flash 8 pada Materi Segiempat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 21–29.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i6.11064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.