PENGUATAN KOMPETENSI KONSELOR PADA MGBK SMK KOTA DEPOK PADA MASA PANDEMI COVID-19

Cindy Marisa(1*), Devi Ratnasari(2), Neng Tryaningsih Suryaman(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kompetensi dalam sebuah profesi perlu penguatan agar dapat memberikan kontribusi secara optimal pada objek praktik spesifik. Guru Bimbingan dan Konseling salah satu profesi yang perlu senantiasa menguatkan kompetensinya untuk dapat memberikan pelayanan profesional sesuai dengan perkembangan zaman, seperti masa pandemi saat ini. Salah satu kompetensi yang ada dalam profesi bimbingan dan konseling yaitu, kompetensi profesional yang terkait dengan penguasaan teknik konseling dan penyelenggaraan penelitian tindakan bimbingan dan konseling terhadap siswa di sekolah. Kegiatan ini bertujuan memberikan penguatan kompetensi konselor pada MGBK SMK Kota Depok dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah pada masa pandemi Covid-19. Penguatan diberikan berupa workshop dan webinar dengan pendekatan daring. Partisipan dalam kegiatan ini 50 guru bimbingan dan konseling di SMK wilayah Kota Depok. Kegiatan ini memberikan kontribusi positif terhadap penguatan WPKNS (Wawasan, Pengetahuna, Keterampilan, Nilai, dan Sikap) terkait penyelenggaraan PTBK dan pengaplikasian teknik konseling kreatif terhadap siswa di sekolah.

Keywords


Kompetensi Konselor, PTBK, Konseling Kreatif

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdillah, A., & Fajar, D. M. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Ajung Melalui Praktikum GLB dan GLBB. EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(1), 48–54.

Ali, A. R., & Wiyono, B. D. (2018). Pengembangan modul pemilihan karir untuk siswa kelas IX SMPN 3 Babat Lamongan. Jurnal BK Unesa, 8(2).

Az-Zahra, R., Martunis, M., & Abd, D. (2019). Efektifitas Layanan Mediasi dalam Mengatasi Konflik antar Siswa di SMAN 1 dengan SMKN 2 Langsa. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(4).

Belangi, S. P., Lubis, R., & Hasanuddin, H. (2019). Pengaruh Konseling Kreatif Dan Rasa Percaya Diri Terhadap Penyesuaian Diri Dengan Teman Sebaya Di SMA Negeri 1 Kuta Cane Di Aceh Tenggara. PROCEEDING: THE DREAM OF MILLENIAL GENERATION TO GROW, 2(1).

Berutu, S. (2020). Upaya Guru BK Dalam Mengurangi Prokrastinasi Homework Siswa Kelas VIII Melalui Kunjungan Rumah Di MTs YAPDI Tahun Ajaran 2019/2020. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Dachmiati, S., Fitriyanti, E., & Marisa, C. (2016). Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Permainan untuk Meningkatkan Perilaku Sosial Peserta Didik. Sosio E-Kons, 8(3), 183–190.

Fajarini, A., Sutoyo, A., & Sugiharto, D. Y. P. (2017). Model Menghafal pada Penghafal Al-Qur’an Implikasinya pada Layanan Penguasaan Konten dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 13–19.

Handayani, I. (2019). Konsep Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial dalam Pengembangan Positive Mental Attitude Generasi Z. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 3(1), 51–63.

Hariyadi, S. (2012). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layaan Penguasaan Konten dengan Dukungan Tampilan Kepustakaan Berbasis TIK Di SMA Negeri 2 Ungaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 1(1).

Imro’atun, S. (2017). Keefektifan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 50–57.

Izza, S., Ningrum, B. S., & Hariyati, R. T. S. (2019). Pemanfaatan Webinar dalam Bidang Keperawatan. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 1(1), 13–20.

Komalasari, G., Fitri, S., & Fazny, B. Y. (2017). Model Hipotetik Layanan Advokasi Bimbingan Dan Konseling Pada Kasus Pelecehan Seksual Kelompok Mikrosistem di SMP Negeri Kota Bekasi. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 8–26.

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan hasil belajar matematika dengan penggunaan platform Whatsapp Group dan webinar Zoom dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1).

Luthfiah, Q., Yuline, Y., & Wicaksono, L. (2018). Studi tentang layanan orientasi pada peserta didik kelas VII di MTs Al-Irsyad Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(8).

Mansyur, A. I., & Kusuma, R. A. M. (2019). Webinar Sebagai Media Bimbingan Klasikal Sekolah Untuk Pendidikan Seksual Berbasis Online (Meta Analisis Pedagogi Online). JURNAL SULOH: Jurnal Bimbingan Konseling FKIP Unsyiah, 4(1).

Marisa, C., & Putri, A. M. (2017). The influence of individual counseling in improving learning motivation for students. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 137–144.

Munandar, A., & Mugiarso, H. (2017). Implementasi Layanan Konsultasi Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri se-Kota Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(2), 58–63.

PENANGGANAN, K. K. K. U. (n.d.). Guided Imagery: Konsep Konseling Kreatif Untuk Penangganan Post Traumatic Stress Disorder (Ptsd).

Prayitno. (2018). Konseling Profesional yang Berhasil. Depok: RajaGrafindo Persada.

Rachman, A. (2017). PENGUATAN PENELITIAN TINDAKAN BIMBINGAN DAN KONSELING.

Rambe, S. A., Mudjiran, M., & Marjohan, M. (2017). Pengembangan Modul Layanan Informasi untuk Mengembangkan Kontrol Diri dalam Penggunaan Smartphone. Konselor, 6(4), 132–137.

Santi, V. P., Abdat, C. H., & Mahmudah, U. (2017). Pengembangan Panduan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan Dan Konseling, 5(2).

Saragi, M. P. D. (2018). PELAKSANAAN APLIKASI INSTRUMENTASI. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 32–40.

Sari, N. P., & Setiawan, M. A. (2018). Membangun kompetensi profesionalisme konselor berwawasan Surah Al Ashr. Konselor, 7(1), 9–14.

Situmorang, D. D. B., Mulawarman, M., & Wibowo, M. E. (2018). Creative counseling: Integration of counseling in cognitive behavior therapy groups with passive music therapy to improve self-efficacy of students of millennial. Konselor, 7(2), 40–48.

Sudiati, T. (2018). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menetapkan Kriteria, Ketuntasan Minimal Melalui Workshop. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 235–236.

Suprayekti, S., & Anggraeni, S. D. (2017). PELAKSANAAN PROGRAM WORKSHOP †œBELAJAR EFEKTIF†UNTUK ORANG TUA. Jurnal Ilmiah Visi, 12(2), 129–136.

Widada, W. (2017). KONFERENSI KASUS SEBAGAI TEKNIK PEMECAHAN MASALAH KONSELI. In PROCEEDING SEMINAR DAN LOKAKARYA NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2017 (Vol. 1, pp. 291–300).

Wineini, H. G. (2020). Pengembangan Modul Layanan Bimbingan Dan Konseling Pada Bidang Sosial Berbasis Nilai Wasaka di SMA Negeri 6 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 2(1).

Wiyono, B. D., Muis, T., & Purwoko, B. (2017). PELATIHAN KONSELING POST-MODERN BAGI GURU BK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA SURABAYA. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 11–16.

Yasmini, N. W. S. (2020). Integrasi satua bali dalam konseling postmodern untuk meminimalisasi perilaku bullying siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 190–198.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i6.10655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.