Pemanfaatan Media Kahoot sebagai Media Pembelajaran Interaktif Siswa

Mercy Hermawati(1*), Ade Kurnia Solihin(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Teknologi dapat dimanfaatkan sebagai alat dan sarana yang dapat menunjang proses pembelajaran. Salah satu bentuk inovasi dalam pembelajaran, dengan mengintegrasikan teknologi dan informasi adalah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran. Kahoot adalah salah satu media pembelajaran berupa aplikasi berbasis game digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Akan tetapi, lemahnya pengajar atau guru dalam mengetahui dan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Dengan teknologi yang sangat memiliki peran sebagai penarik perhatian dalam belajar sehingga lebih menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan, Oleh karena itu pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pemanfaatan media kahoot sebagai media pembelajaran interaktif siswa menciptakan proses pembelajaran aktif sehingga pengajar atau guru dapat menunjang proses belajar dan mengajar sehingga siswa dapat lebih termotivasi dan meningkatkan minat belajar siswa, sehingga pengajar atau guru dapat mengukur kemampuan sejauh mana siswa memahami apa yang telah diterangkan atau diberikan guru.

Keywords


kahoot, media pembelajaran, pembelajaran interaktif

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Barus, I. rasita G., & Soedewo, T. (2018). Penggunaan Media Kahoot! Dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Inggris. Seminar Nasional SNT2BKL, 1, 589–596.

Gonsalves, J., T. Becker, A. Braun, D. Campilon, H., de Chaves, E. Fajber, M. Capiriri, J. R., & Caminade, and R. V. (2005). Participatory Research and Development for Sustainable Agricultural and Natural Resource Management : A Resource Book (Glossary).

H.D. Sudjana. (2005). Metoda dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Falah Production.

Irwan, I., & Waldi, A. (2019). Implementasi Kahoot! Sebagai Inovasi Pembelajaran. Journal of Civic Education, 2(1), 2019. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jce.v2i1.130

kahoot.com. (n.d.). https://kahoot.com/

Martikasari, K. (2018). Kahoot: Media Pembelajaran Interaktif Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional FKIP, 181–189. https://doi.org/doi.org/10.24071/snfkip.2018.19

Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i2.10477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.