Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SDN Jatirasa 3 Bekasi
(1) Scopus ID: 57208621685 - Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Kompetensi guru dalam melaksanakan penelitian khususnya penelitian tindakan kelas cenderung masih rendah. Kondisi ini disebabkan karena guru kurang termotivasi dan tidak mendapatkan pengetahuan yang cukup untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas. Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas sekaligus menghasilkan artikel ilmiah sebagai hasil dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan. Pelatihan dilaksanakan secara daring dan luring dengan agenda dan materi yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Hasilnya, peserta antusias dalam mengikuti pelatihan dan mampu melaksanakan seluruh tahapan penelitian tindakan kelas serta menghasilkan artikel ilmiah yang dikirimkan ke jurnal-jurnal nasional di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdullah, M. (2018). Manajemen mutu pendidikan di sekolah peran kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, dan partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 190-198.
Asih, N. K. N. (2020). Penerapan metode pemberian tugas individu dalam kerja kelompok untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 1 Sudaji Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 93-100.
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1).
Gaol, N. T. L., & Siburian, P. (2018). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66-73.
Jatirahayu, W. (2013). Guru berkualitas kunci mutu pendidikan. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, 17 (2), 46-53.
Kartowagiran, B. (2011). Kinerja guru profesional (Guru pasca sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).
Leonard, L. (2015). Kompetensi tenaga pendidik di Indonesia: Analisis dampak rendahnya kualitas SDM guru dan solusi perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).
Muspiroh, N. (2016). Peran kompetensi sosial guru dalam menciptakan efektifitas pembelajaran. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2).
Nurgiansah, T. H. (2021). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah menengah atas se-Kabupaten Bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28-33.
Salmawati, S., Rahayu, T., & Lestari, W. (2017). Kontribusi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Penjasorkes SMP di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 198-204.
Sholeh, M. (2017). Keefektifan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 41-54.
Sukitman, T., Yazid, A., & Mas' odi, M. (2020, September). Peran guru pada masa pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.
Supriyanto, A. (2017). Peningkatan kemampuan guru dalam penulisan karya ilmiah melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).
Wibawa, B. & Paidi, P. (2019). The development of blended learning based on handphone for computer system subjeect on XI grade of SMKN 1 Bengkulu Ciy. Humanities & Social Sciences Review, 7(3), 497-502.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i4.10419
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.