Membangun Kelompok Small Study sebagai Peningkatan Melek Ilmu terhadap Anak Usia Dini di Kambingan Barat, Lenteng, Sumenep

Mohammad Imam Sufiyanto(1*), Khairunisa Khairunisa(2), Roviandri Roviandri(3), Hesty Kusumawati(4)

(1) IAIN Madura
(2) Universitas Islam Madura
(3) IAIN MADURA
(4) IAIN MADURA
(*) Corresponding Author

Abstract


Fenomena membentuk small study masih kurang umum di Daerah Lenteng (Kambingan Barat), dianggap menjadi sarana dalam penyebaran penyakit. Bahwa small study bisa memberikan nilai lebih ditengah keterbasan sarana Pendidikan di daerah. Masa pandemi membuat para peserta didik terbatas dalam belajar dan kurang memberikan konribusi apalagi secara online, sehingga dalam hal ini menarik untuk membentuk kegiatan small study yang bisa dilakukan di desa kambingan barat, kecamatan lenteng, kabupaten sumenep. Tujuan dilaksanakan pengabdian ini, adalah melakukan kreatifitas, inovasi, dan kreasi untuk membimbing anak desa dengan membentuk small study yang dilakukan secara mandiri di desa masing-masing, untuk pelaksanaan dilakukan dengan berkelompok yang terdiri dari lima sampai delapan anak dilaksanakan setiap hari pagi dan sore. Pengabdian ini menggunakan metode berupa partisipaiton action research (PAR) berupa observasi awal, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data-data dari setiap anak yang ikut dalam small study. Hasilnya terdapat perubahan dari pola belajar dan membuat anak-anak terbantu dalam belajar, serta menambah wawasan dalam belajar selain dari bimbingan online yang dilaksanakan secara daring selama pandemi.


Keywords


small study, pandemi, online

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aref, A. (2010). Community Participation for Educational Planning and Development. Nature, technology, sosial science and Natural of Science, 8(9), 1–4. http://www.sciencepub.net/nature%0Ahttp://www.sciencepub.net/nature%0Ahttps://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://doi.org/10.7537/marsnsj080910.01&ved=2ahUKEwjg97TrlOXrAhXDV30KHXA_DwAQFjAAegQIAhAB&usg=AOvVaw39VFFbn8cgDq4IzR_Ocio7&cshid=15

Asri Soraya Afsari, Ayu Septiani, dan R. R. (2017). Peningkatan Minat Baca Para Siswa Smpn 1 Banjaran, Kabupaten Majalengka, Melalui Penguatan Perpustakaan Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 72–76.

Creswell, J. W. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches.

Fatimah, F., Latif, A., Salsabila, B., Teknik, D. F., Tinggi, P., Keterangan, N., Parung, D., Mekar, D. J., Jaya, D. W., & Pemagarsari, T. D. (2018). Pengabdian Masyarakat Menuju Desa Pamegarsari. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 02(02), 138–146.

Junaidi, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 122. https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.413

Kustijono, R., Sunarti, T., & Budiningarti, H. (2018). Penggunaan Facebook Sebagai Media Inovatif Dalam Pembelajaran Smp Dan Sma Di Perguruan Muhammadiyah Wiyung Surabaya. Jurnal ABDI, 3(2), 68. https://doi.org/10.26740/ja.v3n2.p68-75

Mawarny, E., Amalya, N. T., Khair, O. I., Wardani, E. S., Ekonomi, D. F., Manajemen, P., & Pamulang, U. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar dan Manajemen Waktu Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar dan Prestasi. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 116–120. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAL/article/view/4012

Nuswantara, K., Bhawika, G. W., Suarmini, N. W., & Marsudi, M. (2019). Implementasi Model Literasi Berimbang di Taman Baca Masyarakat (TBM) Di Kota Surabaya. Sewagati, 3(2). https://doi.org/10.12962/j26139960.v3i2.5829

Polina, L., & Pramudiani, P. (2018). Pembelajaran Karakter Melalui Media Dongeng pada PAUD Formal Binaan I dan Binaan III Ciracas Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(2), 215. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1665

Roosandriantini, J., & ... (2020). Pengembangan Bakat Minat dan Pendidikan Karakter di UPTD “Kampung Anak Negeri” Surabaya. Asawika …, 05(01). https://asawika.journalwidyakarya.ac.id/index.php/asawika/article/view/57

Setyowati, E., & Permata, A. (2018). Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. Bakti Budaya, 1(2), 143. https://doi.org/10.22146/bb.41076

Sufiyanto, M. I., & Yasin, R. (2021). Pembelajaran IPS untuk SD / MI di Tengah Pandemi Covid-19 dalam Daring / Luring Di MI AT-Taubah. 4(2).

Sugiono. (2019). Metode Penelitian 2015 by Prof.Sugiyono.pdf (p. 233). UNESA.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 31–42. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/326/154

Taman, J., No, S. I., & Selatan, J. (n.d.). PKM KELOMPOK GURU SEKOLAH DASAR BERBASIS INTEGRASI KARAKTER DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Arita Marini , Olga D . Pandeirot , & Budiman Rajagukguk Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Negeri Jakarta. 1(1), 13–17.

Yasa, A. D. (2020). Membudayakan Keterampilan Menulis pada Mading Kelas untuk Melatih Kreativitas Siswa. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 242–249. https://doi.org/10.32486/jd.v4i2.490




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i5.10386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.