PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK 3D DI MGMP FISIKA KABUPATEN SERANG

Neng Nenden Mulyaningsih(1*), Irnin Agustina Dewi Astuti(2), Indica Yona Okyranida(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran jarak jauh telah menuntut civitas akademik untuk menggunakan media pembelajaran. Oleh karena itu, sangat perlu untuk diadakan pelatihan penggunaan media pembelajaran, salah satunya media pembelajaran flipbook 3D. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk mensosialisasikan media pembelajaran berbasis flipbook 3D dan mengukur tingkat ketercapaian pemahaman peserta dalam membuat media pembelajaran berbasis flipbook 3D. Adapun sasaran peserta kegiatan pelatihan ini adalah guru-guru MGMP Fisika di Kabupaten Serang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode diskusi dan pelatihan secara daring melalui aplikasi zoom. Metodenya terbagi menjadi 3 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi hasil pelatihan yang diberikan di setiap akhir pertemuan digunakan untuk perbaikan kualitas pelatihan dan pendampingan yang dilakukan, serta mengukur sejauh mana metode pembelajaran bermanfaat bagi peserta. Hasil akhir kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa mitra guru-guru MGMP Fisika Kabupaten Serang telah mampu membuat media pembelajaran berbasis flipbook 3D secara mandiri. Selain itu, mitra juga telah mempunyai pemahaman terhadap media pembelajaran flipbook 3D dengan tingkat ketercapaian pemahaman mencapai 83,8%.


Keywords


Pembelajaran jarak jauh; media pembelajaran; flipbook 3D; MGMP Fisika

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abrams, E.M., Shaker, M., & Greenhawt, M. (2021). School Attendance, Asthma Risk, and COVID-19 in Children. The Journal of Allergy and Clinical Immunology: In Practice, 9(6), 2145–2150.

Astuti, I.A.D. (2016). Upaya meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep IPA peserta didik dengan model pembelajaran problem posing. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 3(2), 39–44.

Chowdhury, P., Paul, S.K., Kaisar, S., & Moktadir, M.A. (2021). COVID-19 pandemic related supply chain studies: A systematic review. Transportation Research Part E: Logistics and Transportation Review, 148, 102271.

Chu, B.C., Guarino, D., Mele, C., O’Connell, J., & Coto, P. (2019). Developing an Online Early Detection System for School Attendance Problems: Results from a Research-Community Partnership. Cognitive and Behavioral Practice, 26(1), 35–45.

Dewi, & Fatma, W.A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(011), 56–61.

Diani, R, & Hartati, S.R. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234–244.

Gonzalez, L.N., Shendell, D.G., & Campbell, M.L.F. (2021). Adolescent empowerment through occupational rights, safety, and health education: An online asynchronous course for secondary school students including young immigrant and refugee workers. Explore, ISSN 1550-8307.

Klassen, R.M., Rushby, J.V., Maxwell, L., Durksen, T.L., Sheridan, L., & Bardach, L. (2021). The development and testing of an online scenario-based learning activity to prepare preservice teachers for teaching placements. Teaching and Teacher Education, 104, 103385.

MacIntyre, P.D., Gregersen, T., & Mercer, S. (2020). Language teachers’ coping strategies during the Covid-19 conversion to online teaching: Correlations with stress, wellbeing, and negative emotions. System, 94, 102352.

Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran Bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 289–295.

Mucalo, L., Brandow, A.M., Dasgupta, M., Mason, S.F., Simpson, P.M., Singh, A., Taylor, B.W., Woods, K.J., Yusuf, F.I., & Panepinto, J.A. (2021). Comorbidities are risk factors for hospitalization and serious COVID-19 illness in children and adults with sickle cell disease. Blood Advances, 5(13), 2717–2724.

Mulyaningsih, N.N., & Saraswati, D.L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25–32.

Okyranida, I. Y. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan E-Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah IPA Terpadu. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 2(1), 36–40.

Rosyadi, I, & Santoso, A.B. (2019). Pengembangan e-book sebagai media pembelajaran interaktif berbasis 3D flipbook pada mata pelajaran perekayasaan sistem radio dan televisi kelas XI TAV di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(1), 97–104.

Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E.I. (2020). Tantangan pembelajaran daring di Indonesia. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 89–98.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i6.10113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.