PENINGKATAN PEMASARAN TAHU-TEMPE SEMANAN MELALUI ANJUNGAN LAYANAN TANPA TURUN (DRIVE THRU)

Ida Busnetty(1), Julindiani Iskandar(2), Wegig Murwonugroho(3*)

(1) Universitas Trisakti
(2) Universitas Trisakti
(3) Universitas Trisakti
(*) Corresponding Author

Abstract


Sejak pandemi, produksi tahu-tempe UMKM Koperasi Primkopti Swakerta Semanan menurun hingga 55% dari yang sebelumnya 80 ton dengan perputaran uang sekitar 1 milyar (per hari). Ini disebabkan banyaknya rantai distribusi terputus. Turunnya penghasilan sebagai dampak penurunan produksi menimbulkan potensi pengangguran, karena selain tidak mencukupi untuk membayar cicilan kredit pembelian alat, penghasilan itu juga tidak cukup untuk honor 1.467 pekerja. Pengabdian ini merancang desain dan membangun anjungan layanan tanpa turun (drive thru) tepat guna sebagai solusinya. Pengabdian ini dilakukan dengan metode design thinking. Selanjutanya, untuk meningkatkan kompetensi pengrajin, pengabdian ini juga dilengkapi pelatihan strategi pemasaran dan sistem pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel. Selain meningkatkan produksi dan penghasilan sampai 25%, pengabdian ini menghasilkan: (1) anjungan drive thru, (2) desain kemasan produk yang menarik dan hieginis, (3) manajemen pengelolaan operasional anjungan yang baik dan ramah, (4) manajemen keuangan yang transparan, dan (5) sistem transaksi yang memerhatikan protokol kesehatan dan mudah bagi pembeli maupun penjual. Sebagai implikasinya, desain produk dan layanan drive thru dalam pengabdian ini layak menjadi referensi (role model) bagi pengrajin di kawasan lain guna penciptaan jalur pemasaran inovatif untuk meningkatkan produksi dan/atau pendapatan.


Keywords


Drive Thru, Go Tahu Tempe, layanan tanpa turun

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ardian, N. F., & Werdhaningsih, H. (2019). Penggunaan design thinking dalam pengembangan produk kerajinan ikm (Studi kasus: Sentra kerajinan patung kayu, Subang). Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 15(1), 1. https://doi.org/10.25105/dim.v15i1.4193

Brown, T. (2008). Design thinking. Harvard Business Review, 19–19. https://doi.org/10.1145/3347709.3347775

Febrianka, V. W. (2016). Kinerja koperasi: Studi tentang faktor-faktor penyebab tidak aktifnya koperasi gotong royong Kota Blitar. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 4(3), 1–11.

Gabriella, G., & Anggraini, D. (2020). Wadah hiburan, inovasi dan edukasi tata boga tahu tempe di Semanan. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 2(2), 1911–1926. https://doi.org/10.24912/stupa.v2i2.8523

Gunawan, A. P. (2013). Mendalami dasar-dasar dalam pengambilan pose pada pemotretan model. Humaniora, 4(1), 377–386. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3448

Kalbuadi, G. A., Sunarya, Y. Y., & Murwonugroho, W. (2018). Kajian attractiveness promosi budaya dalam unsur visual atraktif website pariwisata Bandung. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 1(1), 19–36. https://doi.org/10.25105/jsrr.v1i1.3876

Lestari, B. A. H. (2018). Akuntabilitas koperasi melalui laporan keuangan. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 3(1), 48–66.

Matthews, J., & Wrigley, C. (2017). Design and design thinking in business and management higher education. Journal of Learning Design, 10(1), 41. https://doi.org/10.5204/jld.v9i3.294

Mazhar, M., Daud, S., Bhutto, S. A., & Mubin, M. (2015). Impact of product packaging on consumer’s buying behavior: Evidence from Karachi. Journal of Marketing and Consumer Research, 16(2), 1450–216. https://doi.org/10.13140/2.1.2343.4885

Miftakhuddin, M. (2019). Dedication of Unej Mengajar to Improve the Human Resources’ Quality in the Retarded Areas of Jember through a Participatory Approach. Proceeding of Community Development, 2, 454-466. https://doi.org/10.30874/comdev.2018.1463

Murwonugroho, W. (2019). Mediating role of social media in the memorability of street sculpture art: Jogja Street sculpture Project 2017 as case study. Wacana Seni, 18, 95–124. https://doi.org/10.21315/ws2019.18.5

Murwonugroho, W., & Ardianto, D. T. (2019). Visual Fantasy In Children‘s Learning Through Virtual & Augmented Reality. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 2789–2794.

Murwonugroho, W., & Atwinita, S. (2020). Penguatan Teknik Dasar Fotografi dan Teknik Lampu Studio Pada Sesi Pemotretan Model. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 3(1), 114-122. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/5334/2968

Murwonugroho, W., & Tyasrinestu, F. (2019). Visual Playability in Jogja Video Mapping. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 3695-3700.

Murwonugroho, W., & Yudarwati, G. A. (2020). Exposure to Unconventional Outdoor Media Advertising. Pertanika J. Soc. and Hum, 28(4), 3407-3424. https://doi.org/10.47836/PJSSH.28.4.50

Pilelien?, L., & Grigali?nait?, V. (2016). Effect of visual advertising complexity on consumers’ attention. International Journal of Management, Accounting and Economics, 3(8), 489–501.

Rosyda, S. S., & Sukoco, I. (2020). Model design thinking pada perancangan aplikasi Mantengin aja. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.35138/organum.v3i1.69

Suprobo, F. P. (2012). Kajian design thinking: Proses metakognisi dalam pelaksanaan proyek desain produk (studi kasus proyek studio desain produk bertema eksplorasi bentuk). Prosiding Seminar Nasional Teknoin 2012, 55–65.

Yulianti, R., Nugroho, B., & Purwiyono, T. T. (2021). Penyuluhan antisipasi suhu tinggi ruangan kerja bagi para pekerja industri tahu di Primkopti Swakerta Semanan, Jakarta Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(1), 55–61.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i4.10084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.