Pelatihan Virtual Menulis Artikel Ilmiah Berkualitas Tembus Jurnal Nasional Terakreditasi bagi Guru-Guru MGMP SMP Kab. Cirebon

Muchamad Subali Noto(1*), Tri Nopriana(2), Tarmidzi Tarmidzi(3), Anggita Maharani(4), Setiyani Setiyani(5)

(1) Universitas Swadaya Gunung Djati
(2) Universitas Swadaya Gunung Djati
(3) Universitas Swadaya Gunung Djati
(4) Universitas Swadaya Gunung Djati
(5) Universitas Swadaya Gunung Djati
(*) Corresponding Author

Abstract


 

Beberapa guru di Kabupaten Cirebon belum termotivasi dan belum memiliki pemahaman yang memadai tentang penulisan artikel ilmiah berkualitas sehingga dapat menghambat pengembangan professional dan kontribusi mereka pada dunia Pendidikan. Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini ditujukan kepada guru-guru di lembaga pendidikan Kabupaten Cirebon melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP Kab. Cirebon. Rencana kegiatan mencakup persiapan dengan menyusun modul pelatihan virtual, sosialisasi, dan pendataan peserta. Selanjutnya, tahap pelaksanaan melibatkan webinar, monitoring penulisan artikel, dan evaluasi pelatihan. Langkah terakhir mencakup penyusunan laporan akhir dan publikasi artikel ilmiah ke jurnal terakreditasi. Tujuan kegiatan ini adalah memotivasi guru-guru untuk menulis artikel ilmiah, meningkatkan pemahaman mereka dalam penulisan artikel berkualitas, dan mendampingi mereka dalam proses penulisan dan publikasi. Manfaat yang diharapkan termasuk motivasi guru, minimal satu draf artikel ilmiah, dan kemampuan mengubah hasil penelitian menjadi artikel terpublikasi. Tujuan jangka panjangnya adalah meningkatkan motivasi dan keterampilan guru matematika di Kabupaten Cirebon dalam menyusun artikel ilmiah. Laporan akhir yang diharapkan adalah artikel ilmiah terpublikasi dalam jurnal pengabdian masyarakat atau media massa Radar Cirebon. Metode yang akan digunakan melibatkan webinar, diskusi, tanya jawab, dan simulasi untuk membantu guru mengelola referensi menggunakan perangkat lunak. Pelatihan ini terbukti efektif dalam meningkatkan profesionalisme guru dan menerima tanggapan positif dari pihak sekolah. Guru perlu membiasakan diri menulis artikel ilmiah dan mempublikasikannya dalam jurnal nasional untuk memperkuat kontribusi mereka di bidang pendidikan.


Keywords


Pelatihan artikel ilmiah, Publikasi artikel ilmiah, Guru Matematika

Full Text:

PDF

References


Annisa, M., Hamid, & K. (2017). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Wilayah Pedalaman. J Widya Laksana, 5(2), 81. doi:10.23887/jwl.v5i2.9054

Emaliana, I. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Din J. Pengabdi Kpd Masy, 3(2), 273-279. doi:10.31849/dinamisia.v3i2.3380

Fajriah, N. (n.d.). Bimbingan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Hasil Penelitian Guru Matematika Kabupaten Banjar.

Fajriah, N., Sumartono, S., Budiarti, I., & Riza, M. (2019). Bimbingan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Hasil Penelitian Guru Matematika Kabupaten Banjar. doi:10.20527/btipm.vli2.1790

Junaid, R., Baharuddin, M. R., & Ramadhana, M. A. (2020). Bimbingan Teknis Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru Smp Negeri 8 Palopo, Sulawesi Selatan. Abdimas Siliwangi, 3(1), 49-59.

Masduki, M., & Kholid, M. N. (2017). Pengembangan Kemampuan Penelitian Dan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Matematika SMA/SMK Muhammadiyah Di Klaten Dan Sukoharjo. War. LPM, 20(2), 120-127. doi:10.23917/warta.v20i2.4543

Muhali, M., & etal. (2019). Pelatihan Kegiatan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Lombok Tengah. Abdihaz J. Ilm Pengabdi pada Masy, 1(1), 28. doi:10.32663/abdihaz.vlil.739

Mustofa, M. (2012). Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia,” J. Ekon. dan Pendidik. J. Ekon dan Pendidik, 4(1), 76-88. doi:10.21831/jep.v4il.619

Nani, K. L., hairun, Y., & Hamid, I. (2017). Profil Dan Kompetensi Guru Matematika Kota Ternate Dalam Penulisan Karya Ilmiah. J. Penelit.Hum, 8, 168-184.

Nahdi, D. S., Sudirno, D., Jatisunda, M. G., Cahyaningsih, U., & Suciawati, V. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Berstandar Jurnal Elektronik Terakreditasi Bagi Guru Di Kabupaten Majalengka. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 6(2), 627–633.

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di Sma Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. J Humanit, 10(1), 11406.

Nurdin, S. (2016). Guru Profesional dan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 1(1), 1–12.

Peraturan Menteri. (2009). Permenpan Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Nahdi, D. S., Sudirno, D., Jatisunda, M. G., Cahyaningsih, U., & Suciawati, V. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Berstandar Jurnal Elektronik Terakreditasi Bagi Guru Di Kabupaten Majalengka. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 6(2), 627–633.

Nurdin, S. (2016). Guru Profesional dan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 1(1), 1–12.

Sahudra, T. M., Fadlia, F., & Firdaus, C. R. (2022). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk peningkatan profesionalisme guru. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 97–102.

UU RI. (2003). Undamg-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i3.10062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.