Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi pada proses belajar mengajar dapat memfasilitasi guru dalam menjelaskan materi pelajaran dan meningkatkan antusiasme siswa untuk dapat mengikuti pembelajaran. Namun, yang terjadi saat pembelajaran guru menggunakan video pembelajaran yang sudah tersedia di Youtube tetapi materinya belum sesuai dengan yang sedang dipelajari, sehingga menyebabkan siswa kesulitan memahami materi pelajaran. Selain itu, guru belum memiliki kompetensi dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan mengembangkan media pembelajaran menggunakan VideoScribe, agar guru dapat mengembangkan sendiri, media sesuai materi pelajaran yang akan disampaikan. Kegiatan ini dapat terlaksana pada Sabtu, 27 Oktober 2018 di SDIT Al-Khairaat Jakarta Timur, dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan pendampingan peserta. Dari 25 orang guru yang telah mengikuti pelatihan, terdapat 100% guru yang menyatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat, akan menerapkan media hasil pelatihan dalam pembelajaran di kelasnya dan membutuhkan pendampingan berkelanjutan dalam mengembangkan media pembelajaran dengan VideoScribe.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alannasir, W. (2016). Pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of EST (Educational Science and Technology), 2(2), 81-90. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561
Amin, S. (2019). Peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran sparkol videoscribe di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat LPPM Universitas Mathla’ul Anwar Banten, 4(4), 563-572.
Aqib, Z. (2013). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Argiyati, T., A., Kusumaningrum, B., & Kuncoro, K., S., (2021). Pemanfaatan videoscribe dalam peningkatan kompetensi guru. Kanigara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-9.
Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Febrianto, A., & Saputra, N. (2021) Pelatihan media pembelajaran inovatif dengan videoscribe bagi guru SDN Malangrejo. Jurnal Community Empowerment Universitas Muhammadiyah Magelang, 6(1), 24-28.
Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184-192.
Marsitin, R., Sesanti, N. R., & Agustina, R. (2018). Pelatihan IT melalui pembuatan e-modul matematika bagi guru matematika SMK Kabupaten Malang. Jurnal ABDIMAS Universitas Merdeka Malang, 3, 1-6.
Murniawaty, I., & Nuryana, I. (2018). Peningkatan profesionalisme guru ekonomi dalam pembelajaran di SMA Kabupaten Semarang. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat UMP, 2(2), 357-362.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.
Rusman. (2017). Berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Silmi, M. Q., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis sparkol videoscribe tentang persiapan kemerdekaan RI SD kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 486-495.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i3.10016
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.