PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA TEKNIK

Ukti Lutvaidah(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah  matematika teknik yang diajar menggunakan metode pembelajaran discovery dan metode pembelajaran inquiri pada mahasiswa semester 1 Prodi Arsitektur Universitas Indraprasta PGRI tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 dan sampelnya yaitu mahasiswa R1A dan mahasiswa R1D dengan jumlah 56 mahasiswa yang diambil secara random. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen. Untuk memperoleh data tentang populasi dan sampel peneliti menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen penelitian berupa soal essay yang berjumlah 7 soal. sebelum instrumen diberikan kepada responden penelitian, maka instrumen diujicobakan terlebih dahulu dengan menguji validitas dan reliabilitas yang menggunakan korelasi product moment. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk menguji normalitas dan Levene Test untuk menguji homogenitas. Uji Hipotesis menggunaka uji-t diperoleh thitung adalah 0,866 dan ttabel = 1,674. Hasil penelitian menunjukan  maka Ho diterima dan menolak Ha yang menayatakan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah  matematika peserta didik yang metode pembelajaran discovery dengan metode pembelajaran inquiri pada mahasiswa semester 1 Universitas Indraprasta tahun ajaran 2019/2020.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Branca, Nicholas A. 1980. Problemsolving as a goal, Process and Basic Skill. Reston Virginia: NCTM.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo.

Hudoyo. 1997. Matematika. Dirjen Dikti. BP3GD.

Nasution. 1992. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Polya. 1973. How To Solve It, A New Aspect of Mathematics Grades 3-6, Powerfull Strategies in Deepen Understanding. USA. Corwin.

Ruseffendi, E.T. 1991. Pengantar kepaa Guru: Membantu Mengembangkan Potensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sumantri, Mulyani dan Johan Permana. 1999. Straegi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Usman, Moh Uzer. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zulkardi. 2007. Beberapa Catatan KTSP dan PMRI Work Shop PMRI. Yogyakarta : PPPG Matematika.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/lja.v3i01.5931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Department of Architecture
Faculty of Engineering and Computer Science
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Lakar: Jurnal Arsitektur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License