Analisis Kebutuhan Guru Terhadap Pengembangan Modul dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Alwasilah, A. C. (2011). Pokoknya Kualitatif. Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Pustaka Jaya: Jakarta.
Amri, S. (2012). Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. PT. Prestasi Pustaka: Jakarta.
Boss, J. A. (2010) Think Critical Thinking and Logic Skil for Everyday Life. McGraw-Hill: New York.
Budiarti, S., Nuswowati, M., & Cahyono, E. (2016). Quided inquiry berbantuan e-module untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jounal of Innovative Science Education, 5(2), 144-151.
Duron, R., Limbach, B., & Waugh, W. (2006). Critical Thinking Framework for Any Discipline, 17(2), 160-166.
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Disposition and Abilities. Last Revised. Emeritus Proffessor. University of Illinois.
Facione, P. A. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons and The California Academic Press: Millbrae.
Fitri, L. A., Alimah., Kurniawan, E. S., & Ngazizah, N. (2013).
Pengembangan modul fisika pada pokok bahasan listrik dinamis berbasis domain pengetahuan sains untuk mengoptimalkan minds-on siswa SMA Negeri 3 Purworejo kelas X tahun pelajaran 2012/2013. Radiasi, 3(1), 19-23.
Freeley. A. J. (2000). Argumentation and Debate Critical Thinking for Reasoned Decision Making. Wadsworth Thomson Learning: Belmote.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia: Bogor.
Kazempour, E. (2013). The effects of inquiry-based teaching on critical thinking of students. journal of social. Issues & Humanities, 1(3), 23-27.
Kurniawati, I. D. I. (2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10, 36-46.
Lasmiyati. (2014). Pengembangan modul pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat siswa. Pythagoras. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161-174.
Nuryanti, L. (2018). Analisis kemampuan berpikir siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.
Patonah, S. (2014). Elemen bernalar tujuan pada pembelajaran IPA melalui pendekatan metakognitif siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 128-133. http://dx.doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3111.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Presss: Yogyakarta.
Pratama, R. (2020). Analisis Kebutuhan Guru Terhadap Pengembangan Modul Virtual Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing. In Seminar Nasional Sains (SINASIS 1). Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.
Sunarya, Y & Setiadi, R. (2012). Pengembangan multimedia berbasis karakter konsep dan berorientasi pada keterampilan berpikir kristis. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 86-95.
Susilo, A., Siswandari., & Bandi. (2016). Pengembangan modul berbasis pembelajaran saintifik untuk peningkatan kemampuan mencipta siswa dalam proses pembelajaran akutansi siswa kelas XII SMAN 1 Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 50-55. https://doi.org/ 10.2317/jpis.v26i1.2127
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v2i1.9769
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 EduBiologia: Biological Science and Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publish by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Editorial Office
Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan
email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.