Studi Identifikasi Biodiversitas Gastropoda di Kawasan Situ Gintung Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten

Giry Marhento(1), Mashudi Alamsyah(2*)

(1) (Scopus ID: 57216157468) Pendidikan Biologi Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis struktur komunitas Gastropoda, keanekaragaman gastropoda, kepadatan Gastropoda, dan penyebaran Gastropoda di kawasan Situ Gintung Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten pada tahun 2020. Pengambilan pada sampel Gastropoda serta pengukuran parameter fisika dan kimia lingkungan sekitar dilakukan di delapan titik penelitian yang berada di kawasan Situ Gintung Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten, yang terbagi atas empat stasiun, yang masing-masing memiliki dua sub stasiun. Sampel diambil dan dilakukan pengukuran faktor fisika dan kimia lingkungan. Sampel selanjutnya diidentifikasi tiap spesiesnya, serta diidentifikasi menggunakan Indeks Kemerataan, Indeks Keanekaragaman Shanon-Wiener, dan Indeks Dominasi Simpson. Hasil penelitian diperoleh sebanyak lima spesies dari Gastropoda, yaitu Pomacea caniculata, Bellamya javanica, Melanoides tuberculata, Thiara scabra, dan Indoplanorbis exustus. Keanekaragaman Gastropoda di kawasan Situ Gintung Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten termasuk kategori sedang. Kemerataan Gastropoda di kawasan Situ Gintung Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten termasuk kategori lebih merata. Tidak ada spesies yang mendominasi perairan di kawasan ini.


Keywords


zoologi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmad. (2018). Identifikasi Filum Moluska (Gastropoda) di Perairan Palipi Soreang Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin.

Alwasilah, A. C. (2011). Pokoknya Kualitatif: Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Pustaka Jaya: Jakarta.

Apriyanto, H. (2015). Status berkelanjutan Kota Tangerang Selatan-Banten dengan menggunakan key performance indicators. Jurnal Manusia dan Lingkungan, 22(2), 260-270.

Arbi, U. Y. (2013). Operkulum: bagian kunci untuk identifikasi Gastropoda yang sering terabaikan. Oseana, 38(1), 1-14.

Bahri, S. Ramadhan, F., & Reihannisa, I. (2015). Kualitas perairan Situ Gintung, Tangerang Selatan. Biogenesis, 3(1), 16-22.

Dermawan, H. (2010). Studi Komunitas Gastropoda di Situ Agathis Kampus Universitas Indonesia, Depok. Skripsi. Universitas Indonesia.

Efendi, A. & Pramoedyo, H. (2017). Biostatistika dengan R dan MS. Excel. UB Press: Malang.

Fauzi, F. (2016). Analisis potensi wisata Situ Ciledug dan Situ Gintung di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pro-Life, 3(2), 83-96.

Fadhilah, N., Masrianih., & Sutrisnawati. (2013). Keanekaragaman Gastropoda air tawar di berbagai macam habitat di Kecamatan Tanambulava Kabupaten Sigi. e-Jipbiol, 2(1), 13-19.

Harsoyo, B. (2010). Analisis faktor penyebab jebolnya tanggul Situ Gintung. JAI, 6(1), 43-51.

Kurniawati, S. (2007). Ekosistem. Intan Pariwara: Klaten.

Kusumo, H. E. P. M. (2008). Penelitian Ilmiah untuk Biologi. Intan Pariwara: Klaten.

Nuha, U. (2015). Keanekaragaman Gastropoda pada Lingkungan Terendam Rob Deso Bedono Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Septiana, N. I. (2017). Keanekaragaman Moluska (Bivalvia dan Gastropoda) di Pantai Pasir Putih Kabupaten Lampung Selatan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Vanny, E. (2016). Identifikasi Komunitas Gastropoda di Situ Mahoni Universitas Indonesia. Skripsi. Universitas Indraprasta PGRI.

Wahdaniar. (2016). Keanekaragaman dan kelimpahan Gastropoda di Sungai Je’neberang Kabupaten Gowa. Skipsi. Universitas Islam Negeri Alauddin.

Wardani, D. K. (2017). Keanekaragaman dan Kelimpahan Gastropoda di Pantai Selatan Gunung Kidul Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v1i2.9397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publish by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Indraprasta PGRI

Editorial Office

Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan

email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com

Garuda Ristekdikti

isjd drji pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


pkp index