Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Biologi

Puspita Zahra(1*), Efri Gresinta(2), Rina Hidayati Pratiwi(3)

(1) Indraprasta University
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran biologi. Metode penelitian ini adalah survei dengan analisis korelasi. Jumlah sampel yang peneliti ambil adalah 35 siswa dari total populasi 160 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan pertanyaan essay. Uji persyaratan analisis data yang dilakukan adalah Uji Normalitas dengan Uji Chi Square dan Uji Regresi Linieritas yaitu datanya linier/signifikan. Pada Uji Regresi Signifikan dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima dengan hasil perhitungan Fhitung 6,96 ? Ftabe 4,14 yang berarti terdapat pengaruh positif antara kecerdasan intrapersonal terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran biologi dengan determinasi koefisien 17,43%.


Keywords


Intelligence intrapersonal; Intelligence problem solving; Biology subjects

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amstrong, T. (2013). Identifying and Developing Your Multiple Intelligences (Menemukan Dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligences, Terj. T. Hermaya, Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta: Jakarta.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Asfandiyar, A. Y. (2009). Kenapa Guru Harus Kreatif. Mizan: Bandung.

Chairani, Z. 2016. Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah. Deepublish: Sleman.

Paidi. (2010). Model Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Seminar Nasional. FMIPA UNY. Yogyakarta.

Prawirohartono, S., & Hidayati, S. (2007). Sains Biologi. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Riduan. (2006). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta: Bandung.

Siswono., & Tatang, Y. E. (2008). Model Pembelajaran Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unesa University Press: Surabaya.

Yusuf, S. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Rizqi Press: Bandung.

Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Supardi, U.S. (2014). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Change Publication: Jakarta.

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Alfabeta: Bandung.

Subardi. (2009). Biologi kelas 10 SMA. Jakarta: Depdiknas: Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v1i1.8087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Publish by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Indraprasta PGRI

Editorial Office

Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan

email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com

Garuda Ristekdikti

isjd drji pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


pkp index