Analisis Pembelajaran Filsafat MIPA Berbasis Daring pada Mahasiswa Pendidikan Biologi di Era Pandemi Covid-19

Titin Supriyatin(1*)

(1) Indraprasta University
(*) Corresponding Author

Abstract


Wabah penyakit pandemi akibat COVID-19 telah berdampak pada dunia pendidikan tinggi di Indonesia, salah satunya adalah pembelajaran mata kuliah filsafat MIPA bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Indraprasta, PGRI. Namun, mahasiswa harus melaksanakan perkuliahan berbasis daring untuk menekan rantai penyebaran COVID -19. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran umum dan menganalisis pembelajaran mata kuliah filsafat MIPA berbasis daring pada masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan menyebarkan kuesioner melalui link yang disebarkan melalui grup WhatsApp sebanyak 198 mahasiswa pada semester III Prodi Pendidikan Biologi. Berdasarkan hasil kuesioner melalui WhatsApp, 38% responden menyatakan memahami materi yang disajikan secara daring. Persepsi mahasiswa terkait penyelenggaraan mata kuliah MIPA berbasis daring terkadang menyenangkan, sebesar 74,7% atau 148 tanggapan. Aplikasi mata kuliah Filsafat MIPA berbasis daring yang paling disukai mahasiswa adalah WhatsApp group (49,5%), sebesar 98 responden. Mengenai mata kuliah Filsafat berbasis daring Program MIPA, 103 mahasiswa-responden (52.1%) berpendapat bahwa lebih menyenangkan daripada kuliah langsung tatap muka. Pada aspek pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran daring mata kuliah filsafat MIPA berbasis MIPA di Prodi Pendidikan Biologi, 103 siswa (52%) merasa mampu memahaminya. Kendala yang paling sering terjadi selama pelaksanaan pembelajaran mata kuliah filsafat MIPA berbasis daring adalah kuota internet yang mana membutuhkan cepat boros dengan 73 respon siswa atau 36,9%.


Keywords


Analysis; Learning; Based online

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


CNN Indonesia. (n.d.-b). 65 Kampus Kuliah dari Rumah, Sultan Yogya Ragukan Efektivitas. from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200316110707-20- 483756/65kampus-kuliah-dari-rumah-sultan-yogya-ragukan-efektivitas.

Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. unpublish.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi Covid19. Indonesian Journal of Educational Science, 2(2), 81-89.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education, 19, 18-26. https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.002

Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110.

Mendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Corona Virus (COVID-19).

Miles, M. & Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. 2nd ed. Thousand Oaks. Sage Publications: California.

Sari, M., Nawawi, N., & Darmawan, H. (2020). Analisis Pembelajaran Pandemik (COVID-19) pada Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasid dan Komputer (JPTIK), 2(1), 1–7.

Sadikin, A., & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran daring di tengah wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109-119.

Situru, R. S. 2020. Pembelajaran dalam haringan (daring) masa pandemic Covid-19. Elementary Journal, 3(1), 40-46.

Suratno, T. (2009). Memahami kompleksitas pengajaran-pembelajaran dan kondisi pendidikan dan pekerjaan guru. http://the2the. com/eunica/document/TSuratno_complex_syndrome. Pdf. Diakses tanggal 14 September 2020.

Suratno, T. (2009). Memahami Kompleksitas Pengajaran-Pembelajaran dan Kondisi Pendidikan dan Pekerjaan Guru. Bandung.

Suryadi, D. (2013). Didactical design research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1, 3–12.

Stein, R. A. (2020). The 2019 coronavirus: Learning curves, lessons, and the weakest link. International Journal of Clinical Practice, 74(4). e13488. https://doi.org/10.1111/ijcp. 13501

WHO (n.d.). (2020). Points of entry and mass gatherings. Retrieved March 28, 2020, from https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/technicalguidance/points-of-entry-and-mass-gatherings. Diakses tanggal 14 September 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v1i1.8081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Publish by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Indraprasta PGRI

Editorial Office

Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan

email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com

Garuda Ristekdikti

isjd drji pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


pkp index