Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VII Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di MTs. Asnawiyah Kab. Bogor

Oktaviana - Rahayu(1*), Martua Ferry Siburian(2), Andri Suryana(3)

(1) Indraprasta University
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah IPA Siswa Kelas VII Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di MTs Asnawiyah Kab. Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, menggunakan subjek sebanyak 20 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah IPA siswa kelas VII di MTs Asnawiyah Kab. Bogor masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil penelitian sebagai berikut: tahap memahami masalah sebesar (15,4%), tahap merencanakan strategi sebesar (21,1%), tahap melaksanakan strategi sebesar (18,7%), dan tahap memeriksa kembali kebenaran solusi sebesar (5,6%). Berdasarkan hasil rata-rata pencapaian skor keempat tahapan tersebut, maka rata-rata skor terendah kemampuan pemecahan masalah IPA siswa terdapat pada tahap memeriksa kembali kebenaran solusi.


Keywords


problem solving skill; environmental pollution

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

--------- (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

-------- (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

--------- (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta: Bandung.

--------- (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

-------- (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

?Arti kata - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online]. Diakses pada 22 Juni 2020, dari https://www.kbbi.web.id/.

Ayu, T. A. (2014). Konsep Dasar IPA: Aspek Biologi. Penerbit Ombak: Yogyakarta.

Daraji, H., & Probosari, R. M. (2014). Ilmu Pengetahuan Alam. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri: Solo.

Djojosoediro. (2012). Hakikat IPA dan Pembelajaran IPA. [Online]. Diakses pada 27 juni 2020, dari http://tpardede.wikispaces.com/file/view/ipa_unit_1.pdf.

Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Rajawali Pers: Jakarta.

Ilmiyana, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer-Briggs Type Indicator (MBTI) Lampung. Skripsi (UIN Raden Intan Lampung).

Indarwati, D. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Tersedia: http://ris.uksw.edu/download/jurnal/kode/J01167.

Lestanti, M. M. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa Dalam Model Problem Based Learning. Semarang. Skripsi (UNS).

Mahira. (2012). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Bandung. Skripsi (UPI).

Marlina, L. (2013). Penerapan langkah polya dalam menyelesaikan soal cerita keliling dan luas persegi panjang. Ilmiah, 11 (53), 1-11. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/download/1708/1125.pdf.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2011). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi. UI-Press: Jakarta.

Mundilarto, dkk. (2011). IPA Terpadu 1. Perpustakaan Nasional. Katalog Dalam Terbitan (KDT). Jakarta.

Novan. A. (2011). Jurnal Pencemaran Air. [Online]. Diakses pada 03 Juli 2020, dari https: //www. academia.edu /5350480/ Jurnal Pencemaran_ Air.

Pratiwi, G. (2014). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Studi Deskriptif pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Pringsewu Bandar Lampung. Skripsi (UNILA)

Prihastuti, W. S., Hudiono, B., & Mirza, A. (2013). Pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari tingkat kemampuan dasar matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (12), 1-16. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/3997/4014.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.

Slavin. (2012). Cooperative Learning; Teori, Riset dan Praktik, Penerjemah Nurulita Yusron. Nusa Media: Bandung.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.

Sujana, A. (2013). Pendidikan IPA Teori dan Praktik. Rizqi Press: Bandung.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Change Publication: Jakarta.

Syahrotun. S. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kota Bandung. Bandung. Skripsi (UPI).

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). PT Bumi Aksara: Jakarta.

Wahono, dkk. (2013). Materi Pencemaran air untuk smp/mts kelas VII. Erlangga: Jakarta.

Wena, M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara: Jakarta.

Widodo, W., & Fida. (2016). Ilmu Pengetahuan Alam. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.

Widodo, A. (2010). Pendidikan IPA di Sekolah Dasar. UPI Press: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v1i1.8080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Publish by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Indraprasta PGRI

Editorial Office

Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan

email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com

Garuda Ristekdikti

isjd drji pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


pkp index