Studi Kemampuan Kognitif Anak PAUD Bersinar Abadi dalam Memahami Lingkungan Sekitar
(1) 
(2) Indraprasta PGRI University
(3) Indraprasta PGRI University
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adawiyah, S. R. (2022). Pentingnya pendidikan lingkungan hidup bagi anak usia dini. Musawa: Journal for Gender Studies, 14(1), 90–108.
Anggraini, W., Nasirun, M., & Yulidesni, Y. (2020). Penerapan strategi pemecahan masalah dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 31–39.
Apriani, A. (2017). Penerapan tari kreatif dengan eksplorasi imagery lingkungan hidup anak usia dini. Jurnal Pendidikan, 1(2), 1–12.
Ayuningtyas, T. Y., & Wijayaningsih, L. (2020). Efektivitas permainan detumbar (dengarkan, temukan gambar) terhadap minat belajar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 814. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.724.
Chandrawati, T. (2021). Pemahaman guru PAUD tentang literasi lingkungan terkait dengan pendidikan lingkungan hidup. Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19, 125–130.
Dini, J. P. A. U. (2022). kepedulian lingkungan melalui literasi lingkungan pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6690–6700. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3485.
Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui pembelajaran sains. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133–140. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254.
Fazalani, R. (2022). Upaya meningkatkan kognitif anak dengan media bahan alam sekitar pada anak PAUD di Praya Lombok Tengah. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(1), 40–52. https://doi.org/10.30651/lf.v6i1.11810.
Hasyim, S. L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam perspektif Islam. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 13(2), 169-177.
Indriani, E., Apsari, N., & Anggorowati, K. D. (2023). Analisis kemampuan kognitif siswa PAUD Harapan Kita Nanga Pinoh. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 8–15.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya. Medan: Perdana Publishing.
Laksono, A. (2018). Pengantar Penelitian Komunikasi dan Media. Penerbit XYZ.
Zulkhairina., Zubaidah, R., Afandi, M., & Latif, M (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Miranto, S. (2018). Menanamkan literasi lingkungan pada pendidikan anak usia dini. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar. 517–522.
Mubarok, S. Al, Aly, A., & Amini, A. (2019). Kemampuan kognitif dalam mengurutkan angka melalui metode bermain puzzle angka. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221.
Neviyarni, A. (2020). Perkembangan kognitif, bahasa, perkembangan sosio-emosional, dan implikasinya dalam pembelajaran. Inovasi Pendidikan, 7(2), 1–13. https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2380.
Novitasari, Y. (2018). Analisis permasalahan perkembangan kognitif anak usia dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007.
Pahrul, Y., & Amalia, R. (2021). Metode bermain dalam lingkaran untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1464–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812.
Pelima, J. N. (2014). Pendidikan lingkungan hidup dengan metode outbound untuk anak usia dini: kajian pustaka. Jurnal Akademi, 1(2), 19–32.
Purnama, Y. S. H., & Hijriani. (2019). Pengembangan Alat dan Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjoko., Mariyam, S. S., Wijaya, A ., Setianingsih, W. H. S. (2014). Pendidikan Lingkungan Hidup Perkembangan dan Konsep Dasar Pendidikan Lingkungan Hidup. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.
Triharso, A. (2013). Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Yaswinda, Y., Putri, D. M. E., & Irsakinah, I. (2023). Pembelajaran sains berbasis pemanfaatan lingkungan untuk peningkatan kognitif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 94–103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2842
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v5i1.27862
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 EduBiologia: Biological Science and Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publish by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Editorial Office
Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan
email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com




This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
