Studi Kemampuan Kognitif Anak PAUD Bersinar Abadi dalam Memahami Lingkungan Sekitar

Zuhana Realita Alfy(1*), Zakiah Fithah A'ini(2), Ardhi Dinullah Baihaqie(3)

(1) 
(2) Indraprasta PGRI University
(3) Indraprasta PGRI University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan mengevaluasi efektivitas pendidikan lingkungan dalam meningkatkan pengetahuan, kreativitas, dan sikap anak PAUD terhadap lingkungan hidup. Penelitian dilakukan bulan Januari-Juni 2024 di PAUD Bersinar Abadi, Bekasi, melibatkan 20 anak berusia 4–6 tahun dan 5 guru. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data triangulasi, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pembelajaran berbasis pengalaman langsung diterapkan melalui kegiatan: berkebun, mendaur ulang, dan eksplorasi lingkungan. Permainan edukatif dan bercerita untuk menyampaikan konsep lingkungan secara menyenangkan dan interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan lingkungan berbasis pengalaman mampu meningkatkan pemahaman anak PAUD tentang elemen-elemen lingkungan dan hubungan manusia dengan lingkungan. Kegiatan berkebun dan mendaur ulang berhasil meningkatkan kreativitas dan membentuk sikap positif anak PAUD terhadap lingkungan. Pendidikan lingkungan berbasis pengalaman efektif menanamkan nilai-nilai peduli lingkungan pada anak PAUD. Implikasi berupa pentingnya pengembangan kurikulum yang lebih kreatif dan interaktif untuk pendidikan lingkungan di tingkat PAUD. 

Keywords


Pemahaman kognitif; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD); Lingkungan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adawiyah, S. R. (2022). Pentingnya pendidikan lingkungan hidup bagi anak usia dini. Musawa: Journal for Gender Studies, 14(1), 90–108.

Anggraini, W., Nasirun, M., & Yulidesni, Y. (2020). Penerapan strategi pemecahan masalah dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 31–39.

Apriani, A. (2017). Penerapan tari kreatif dengan eksplorasi imagery lingkungan hidup anak usia dini. Jurnal Pendidikan, 1(2), 1–12.

Ayuningtyas, T. Y., & Wijayaningsih, L. (2020). Efektivitas permainan detumbar (dengarkan, temukan gambar) terhadap minat belajar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 814. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.724.

Chandrawati, T. (2021). Pemahaman guru PAUD tentang literasi lingkungan terkait dengan pendidikan lingkungan hidup. Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19, 125–130.

Dini, J. P. A. U. (2022). kepedulian lingkungan melalui literasi lingkungan pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6690–6700. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3485.

Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui pembelajaran sains. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133–140. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254.

Fazalani, R. (2022). Upaya meningkatkan kognitif anak dengan media bahan alam sekitar pada anak PAUD di Praya Lombok Tengah. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(1), 40–52. https://doi.org/10.30651/lf.v6i1.11810.

Hasyim, S. L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam perspektif Islam. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 13(2), 169-177.

Indriani, E., Apsari, N., & Anggorowati, K. D. (2023). Analisis kemampuan kognitif siswa PAUD Harapan Kita Nanga Pinoh. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 8–15.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya. Medan: Perdana Publishing.

Laksono, A. (2018). Pengantar Penelitian Komunikasi dan Media. Penerbit XYZ.

Zulkhairina., Zubaidah, R., Afandi, M., & Latif, M (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Miranto, S. (2018). Menanamkan literasi lingkungan pada pendidikan anak usia dini. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar. 517–522.

Mubarok, S. Al, Aly, A., & Amini, A. (2019). Kemampuan kognitif dalam mengurutkan angka melalui metode bermain puzzle angka. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221.

Neviyarni, A. (2020). Perkembangan kognitif, bahasa, perkembangan sosio-emosional, dan implikasinya dalam pembelajaran. Inovasi Pendidikan, 7(2), 1–13. https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2380.

Novitasari, Y. (2018). Analisis permasalahan perkembangan kognitif anak usia dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007.

Pahrul, Y., & Amalia, R. (2021). Metode bermain dalam lingkaran untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1464–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812.

Pelima, J. N. (2014). Pendidikan lingkungan hidup dengan metode outbound untuk anak usia dini: kajian pustaka. Jurnal Akademi, 1(2), 19–32.

Purnama, Y. S. H., & Hijriani. (2019). Pengembangan Alat dan Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjoko., Mariyam, S. S., Wijaya, A ., Setianingsih, W. H. S. (2014). Pendidikan Lingkungan Hidup Perkembangan dan Konsep Dasar Pendidikan Lingkungan Hidup. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Triharso, A. (2013). Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Yaswinda, Y., Putri, D. M. E., & Irsakinah, I. (2023). Pembelajaran sains berbasis pemanfaatan lingkungan untuk peningkatan kognitif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 94–103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2842




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v5i1.27862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publish by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Indraprasta PGRI

Editorial Office

Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan

email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com

Garuda Ristekdikti

isjd drji pkp index

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.